Sukses

Lifestyle

7 Makanan yang Terbukti Membuat Suasana Hati Menjadi Buruk

Fimela.com, Jakarta Ternyata, makanan juga memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati seseorang, entah itu baik atau buruk. Usus menghasilkan sekitar 90% serotonin, bahan kimia yang bertanggung jawab membuat seseorang merasa baik.

Lantas, apa sebenarnya dapat membuat seseorang merasa buruk? Dilansir dari purewow.com, Senin (21/1/2019), berikut ini adalah beberapa makanan yang terbukti dapat membuat suasana hati seseorang menjadi buruk, penasaran?

1. Minuman diet

Aspartame, pemanis buatan dalam minuman diet mengandung asam amino yang disebut fenilalanin. Dalam beberapa studi ilmiah, fenilalanin terbukti dapat menghambat produksi serotonin.

2. Sereal dan makanan ringan

Banyak produk sereal atau makanan ringan mengandung banyak gula yang memberikan dorongan energi sementara dengan cepat. Ketika kadar gula darah turun di bawah normal, hormon stres dilepaskan, membuat perubahan suasana hati.

3. Gula yang dikemas

Gula adalah jenis makanan pernah dikaitkan dengan berkurangnya rentang perhatian dan hiperaktif, terutama pada anak-anak.

 

Makanan cepat saji

4. Makanan cepat saji

Minyak yang dihidrogenasi dapat mengganggu keseimbangan omega 3 dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar asam lemak rendah dikaitkan dengan pesimisme, depresi, dan agresi.

5. Margarin

Pada dasarnya, margarin adalah lemak trans, mencegah seseorang merasa bahagia.

6. Makanan ringan asin

Sekantong keripik atau kacang mengandung banyak MSG atau penambah rasa yang biasa ditemukan dalam makanan olahan. MSG dapat membuat seseorang sakit kepala, lemah, dan lelah.

7. Makanan kaleng

Makanan kaleng mengandung MSG dan natrium berlebihan. Carilah kaleng yang bebas BPA karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal-hal tersebut dapat mengganggu area otak tertentu yang mengatur suasana hati dan pembentukan memori.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading