Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ISTJ, si Pendiam yang Sangat Setia

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar tipe kepribadian ISTJ? ISTJ (introversion, sensing, thinking, judgment) merupakan salah satu tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Personality Indicator (MBTI). Orang dengan kepribadian ISTJ cenderung dikenal pendiam dan agak tertutup. Selain itu, salah satu karakter yan paling menonjol dari seseorang dengan kepribadian ISTJ adalah dia sangat menjunjung tinggi kesetiaan.

Seorang ISTJ juga sangat menyukai keteraturan. Untuk mengetahui lebih jauh soal kepribadian ISTJ, yuk kita ungkap lima ciri utamanya seperti yang dilansir dari verywellmind.com berikut ini. Siapa tahu ternyata kita selama ini punya kepribadian ISTJ atau mungkin orang terdekat kita yang punya kepribadian ini.

1. Menyukai Keteraturan

Seorang ISTJ dikenal sebagai perencana yang baik. Dia sangat suka keteraturan. Kalau ada sesuatu yang berantakan atau tidak rapi sesuai dengan keinginannya, dia bisa merasa sangat tidak tenang. Dia baru tenang bila hal-hal di sekelilingnya bisa rapi dan teratur sesuai dengan keinginannya.

2. Bisa Membuat Rencana dengan Baik

Perencana (planner) merupakan salah satu julukan yang tepat untuk seorang ISTJ. Ketika akan melakukan sesuatu, penting baginya untuk membuat rencana yang baik dan benar-benar rinci. Paling semangat bila disuruh untuk membuat atau mengatur rencana ketika akan melakukan sesuatu.

3. Mudah Fokus pada Satu Hal

Untuk mencapai target atau menyelesaikan pekerjaan dan projects, seorang ISTJ bisa bekerja dengan kecepatan yang stabil. Bisa fokus pada satu hal dengan cukup baik dengan mengabaikan gangguan yang ada di sekitarnya. Dengan menggunakan pendekatan yang logis, seorang ISTJ bisa sangat diandalkan untuk menyelesaikan sebuah tugas atau pekerjaan tepat waktu.

4. Setia Mengikuti Aturan atau Prosedur yang Sudah Dibuat

Seorang ISTJ bisa memiliki sikap yang kaku ketika mengikuti aturan. Dengan kata lain, saat sudah ada sebuah aturan yang dibuat maka dia akan mengikuti aturan tersebut persis sama. Tak mau melanggar sekaligus tak bisa lebih fleksibel ketika mengikuti sebuah aturan. Ketika ada sebuah tradisi, maka seorang ISTJ pun akan mengikuti dan menjaga tradisi tersebut dengan sebaik-baiknya.

5. Bisa Sangat Pendiam di Awal Pertemuan

Ketika bertemu dengan orang baru, seorang ISTJ bisa tampak begitu pendiam. Pada awal pertemuan, sikapnya bisa tampak begitu tertutup dan menjaga jarak. Tapi begitu sudah agak lebih saling mengenal, seorang ISTJ akan berusaha melakukan yang terbaik untuk membuat orang tersebut merasa nyaman.

Sejumlah orang terkenal pun ada yang diketahui memiliki kepribaian ISTJ ini. Beberapa di antaranya adalah George Washington, Henry Forf, Johnny Carson, Ratu Elizabeth II, dan Evander Holyfield. Lima ciri di atas merupakan ciri dan karakter yang bisa dibilang cukup menonjol dari seseorang yang berkepribadian ISTJ. Apakah ada di antara kita yang memiliki kepribadian ISTJ ini?

 

;
Loading