Sukses

Lifestyle

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISTJ, Yuk Ungkap di Sini!

Fimela.com, Jakarta Seberapa penting sih mengenali dan memahami kepribadian sendiri? Salah satu tujuan mengenali kepribadian sendiri adalah agar bisa memaksimalkan kelebihan serta mengatasi kekurangan yang kita miliki. Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan jenis kepribadian. Salah satunya adalah tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Personality Indicator (MBTI). Dalam klasifikasi ini, ada 16 tipe kepribadian yang bisa ditemukan.

Nah, kali ini yang akan kita bahas adalah kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian ISTJ. Secara umum, seorang ISTJ dikenal pendiam dan sangat menaati aturan. Untuk selengkapnya, yuk langsung kita simak soal sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang berkepribadian ISTJ seperti yang dilansir dari verywellmind.com berikut ini.

Kelebihan ISTJ

1. Sangat teliti.

2. Lebih suka berpikir logis dan realistis.

3. Sangat mudah fokus atau konsentrasi pada satu hal.

4. Sangat teratur.

5. Perencana yang baik.

6. Menyukai hal-hal yang praktis.

7. Pengamat yang baik.

Seorang ISTJ bisa dikenal lebih suka mencari dan meyakini penjelasan yang logis untuk suatu hal. Daripada berpikir abstrak, seorang ISTJ lebih mudah fokus pada hal-hal yang detail atau rinci. Ketika ada aturan atau prosedur yang harus diikuti, seorang ISTJ akan benar-benar mengikutinya. Melanggar atau melakukan sesuatu di luar prosedur tidak ada dalam kamusnya.

Kekurangan ISTJ

1. Punya sikap mudah menghakimi.

2. Berpikiran subjektif.

3. Punya kecenderungan suka menyalahkan orang lain.

4. Tidak peka.

Seorang ISTJ bisa sangat berpegang teguh pada nilai-nilai atau prinsip yang selama ini diyakininya sendiri. Sehingga dalam menilai sesuatu, cenderung subjektif bahkan bisa sampai menghakimi atau menyudutkan salah satu pihak. Selain itu, seorang ISTJ juga bukan tipe orang yang suka disalahkan. Bahkan seorang ISTJ bisa menjadi orang yang kurang peka dengan hal-hal yang ada di sekitarnya.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, kita akan terbantu untuk memposisikan dan mengondisikan diri di berbagai tempat dan situasi. Semoga infonya bermanfaat ya.

 

 

;
Loading