Sukses

Lifestyle

Berapa Minggu Sekali Seharusnya Mengganti Spons Cuci Piring?

Fimela.com, Jakarta Meskipun kecil dan tampak sepele, namun spons cuci piring wajib diperhatikan kebersihannya lho Sahabat Fimela. Selain dibersihkan secara teratus, spons juga wajib diganti. Ini karena spons cuci piring bersentuhan langsung dengan alat makan kita. Karena itu harus higienis untuk mencegah bakteri yang bisa menyebabkan sakit.

Jika tidak dibersihkan dan diganti secara teratur, spons cuci piring akan menjadi tempat favorit bagi kuman untuk berkembang biak. Spons cuci piring menjadi tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak karena memiliki area permukaan yang besar, basah dan hangat karena ada di lingkungan dapur. Selain itu, sisa makanan dan kotoran akan menjadi makanan bakteri.

Walau kondisinya masih bagus, spons tetap akan jadi tempat tinggal bakteri jika tidak dibersihkan dan diganti secara teratur. Lalu berapa lama sih seharusnya spons ini diganti.

Para ilmuwan menyarankan untuk mengganti spons ini satu sampai tiga minggu sekali. Jika tidak bakteri patogen yang ada dalam spons mungkin bisa menyebabkan penyakit seperti e. coli dan salmonella.

Mengapa mengganti spons teratur sangat penting? Ini karena ternyata membilas dan membersihkan spons saja tak cukup untuk menyingkirkan kuman-kuman. Setelah menggunakannya jangan lupa untuk membersihkan spons dengan memanaskannya di dalam microwave dengan suhu tinggi selama 1-2 menit. Setelah itu angin-anginkan dan spons siap digunakan kembali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading