Sukses

Lifestyle

6 Alasan Berat Badan Bisa Naik Drastis dalam Semalam

Fimela.com, Jakarta Berat badan bisa menjadi satu hal yang sangat sensitif bagi beberapa orang, terutama mereka yang sedang berusaha diet untuk menurunkan beberapa angka. Bukan hal yang mustahil untuk mengalami kenaikan berat badan secara drastis hanya dalam waktu singkat.

Katakanlah kamu sudah melakukan diet selama beberapa bulan, kemudian ada satu akhir pekan yang dihabiskan untuk makan sepuasnya, dan berat badan naik secara drastis, pernah mengalaminya? Jangan bingung, dilansir dari self.com, berikut ini adalah beberapa alasan berat badan bisa naik drastis dalam semalam. Penasaran?

1. Kamu mengonsumsi lebih banyak natrium daripada biasanya

Tubuh dapat menahan air berlebih karena asupan natrium. Ketika kamu mengonsumsi natrium lebih banyak dari biasanya, maka tubuh akan menahan lebih banyak air.

Beberapa orang lebih sensitif terhadap hal ini, mengalami fluktuasi berat badan lebih drastis. Dehidrasi ringan juga dapat menyebabkan tubuh menahan cairan.

Jika alasannya adalah natrium, maka minum lebih banyak air akan membantu untuk membuang cairan dan membersihkan kelebihan natrium. Kenaikan berat badan ini biasanya hanya berlangsung selama 24 hingga 48 jam, tergantung seberapa cepat ginjal membuang kelebihan air dari tubuh.

2. Tidak rajin buang air

Tubuh yang tidak secara efektif membersihkan makanan yang dikonsumsi akan membutuhkan waktu lebih lama dalam memberikan ruang kosong. Hal ini bisa menyebabkan sedikit kelebihan berat badan, daripada tubuh yang efektif rajin membersihkan makanan yang dikonsumsi.

3. Menimbang diri sendiri dan waktu dan hari yang berbeda

Berat badan bisa naik di malam hari, sebagian karena garam yang dikonsumsi, dan lainnya karena makanan yang dikonsumsi belum sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Jika ingin mendapatkan berat badan yang akurat, timbang diri sendiri dengan tubuh yang telanjang tepat setelah bangun tidur.

 

Menstruasi bisa menyebabkan kenaikan berat badan

4. Menstruasi

Menstruasi dapat meningkatkan retensi cairan. Kenaikan berat badan yang berhubungan dengan menstruasi biasanya dimulai 5 sampai 7 hari sebelumnya dan akan hilang pada hari ketiga atau keempat.

5. Karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat sehat dalam jumlah sedikit memang baik untuk dilakukan, namun mengonsumsinya terlalu baik melebihi kebutuhan kalori dapat meningkatkan penyimpanan lemak dan retensi air.

6. Mengonsumsi pil atau minum obat yang menyebabkan retensi cairan

Beberapa obat memiliki efek samping yang potensial dalam meningkatkan berat badan. Sebagian besar disebabkan oleh perubahan hormon yang membuat nafsu makan meningkat dan mengonsumsi lebih banyak kalori.

Namun, beberapa obat seperti steroid akan menyebabkan retensi air, menghasilkan penambahan berat badan karena cairan dalam tubuh. Fluktuasi biasanya lebih besar disebabkan oleh retensi air berbasis diet.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading