Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian INFJ, si Idealis yang Punya Empati Tinggi

Fimela.com, Jakarta Dalam tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), terdapat 16 tipe kepribadian. Salah satunya adalah INFJ (introverted, intuitive, feeling, and judging). Orang dengan tipe kepribadian INFJ ini umumnya dikenal tertutup tapi sangat peka terhadap perasaan orang lain.

Tipe kepribadian INFJ ini dikenal sebagai salah satu tipe kepribadian yang langka dengan hanya ada satu hingga tiga persen populasi dunia yang memiliki kepribadian ini. Dilansir dari verywellmind.com, seorang INFJ umumnya dikenal sebagai pribadi yang idealis. Punya standar moral yang tinggi dan fokus yang besar pada masa depan. Untuk lebih jauh mengenal kepribadian INFJ ini, yuk simak sejumlah cirinya yang paling utama berikut ini.

1. Memiliki Kemampuan Menerapkan Idealismenya untuk Perubahan Nyata

Seorang INFJ dikenal memiilki kemampuan untuk menerapkan idealismenya dalam tindakan atau perubahan yang nyata. Dia bisa menggunakan nilai-nilai yang diyakini atau dianutnya untuk membuat perubahan positif dengan dampak jangka panjang.

2. Punya Rasa Empati yang Tinggi

Dengan intuisi dan kemampuannya memahami emosi yang tinggi, seorang INFJ bisa memiliki empati yang tinggi pada orang lain. Sangat peka terhadap kebutuhan orang lain. Meski kadang jadi terlihat terlalu suka mencampuri urusan orang lain, tapi sebenarnya seorang INFJ punya radar kepekaan dan sensitivitas yang cukup tinggi terhadap orang-orang di sekitarnya.

3. Selalu Butuh Waktu Sendiri untuk Mengisi Energinya

Sebagai seorang introver, orang dengan tipe kepribadian INFJ ini selalu butuh waktu sendiri untuk mengisi energinya. Ia bisa sangat sibuk dan suka membantu orang lain. Bahkan ia bisa membangun ikatan yang kuat dengan orang-orang di sekitarnya. Tapi dia selalu butuh privasi dan waktu untuk menyendiri agar energinya bisa terisi kembali.

4. Bisa Melihat Sisi Baik dan Buruk Segala Sesuatu

Meski dikenal idealis, seorang INFJ tetap bisa berusaha melihat sesuatu dari segala sisi. Tak hanya sisi buruknya saja, tapi juga bisa melihat sisi baiknya. Dia punya kemampuan melihat sesuatu dari sisi baik dan buruk dengan cukup seimbang.

5. Sangat Suka Berfilosofi soal Arti Kehidupan

Memaknai kehidupan. Mencari arti kehidupan dari sisi lain. Menemukan berbagai makna dan definisi dari berbagai hal yang terjadi dalam hidup. Seorang INFJ bisa sangat betah bila diajak mengobrol soal arti kehidupan. Dia bisa berlama-lama membahas makna kehidupan dengan seseorang yang bisa memberinya kenyamanan.

Beberapa orang terkenal di dunia juga ada yang memiliki tipe kepribadian INFJ ini, seperti Oprah Winfey, Martin Luther King Jr., Carl Jung, dan Taylor Swift. Pastinya dengan memaksimalkan karakter positif dari kepribadian yang kita punya, kita bisa sukses pada bidang yang kita pilih.

Lima ciri di atas adalah karakter umum yang dimiliki oleh seorang INFJ berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Info ini bisa kita jadikan salah satu referensi untuk mengenal diri kita supaya bisa lebih mudah memaksimalkan serta meningkatkan potensi yang kita punya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading