Sukses

Lifestyle

Bermimpi Memang Mudah tapi Berusaha Mencapainya Bukanlah Perkara Remeh

Fimela.com, Jakarta Apapun mimpi dan harapanmu tidak seharusnya ada yang menghalanginya karena setiap perempuan itu istimewa. Kita pun pasti punya impian atau target-target yang ingin dicapai di tahun yang baru ini. Seperti kisah Sahabat Fimela ini yang kisahnya ditulis untuk mengikuti Lomba My Goal Matters: Ceritakan Mimpi dan Harapanmu di Tahun yang Baru.

***

Oleh: Rahayu Putri Utami - Surabaya

Banyak hal yang berada di luar kendali kita, begitu juga karier ataupun pilihan yang kita ambil pada hidup ini. Hal ini terjadi kepada siapa saja, bisa saja terjadi kepada sabahat Fimela di luar sana. Tidak perlu khawatir, menerimanya dan mencoba mencari jalan mana yang dapat diambil. Waktu mengajari saya banyak hal, terutama untuk tidak pernah mengeluh ataupun menerima segala sesuatu yang tidak sesuai dengan diri saya. Kita memang mendapat anugerah untuk memperoleh limpahan rahmat dari Tuhan tapi tentu saja segala sesuatunya ada maksud dan diperuntukkan untuk siapa. Jika kita memang bisa memperoleh yang lebih baik kenapa tidak? Merenungkannya dan mengambil keputusan dapat membanntu untuk menemukan pintu–pintu yang terbuka.

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang penting terutama bagi perempuan, bukan hanya untuk kebutuhannya dalam pekerjaan, namun perempuan nantinya akan menjadi ibu. Mendidik anak–anak adalah salah satu rahmat yang Tuhan berikan dan tentu saja seorang ibu mempunyai andil yang banyak dari pada seorang ayah. Pendidikan yang kita tempuh menentukan seperti apa nantinya anak–anak di generasi selanjutnya. Setiap orangtua mempunyai keinginan untuk mendidik anak–anak mereka tidak hanya seperti panggilan hidup mereka, namun dengan memiliki aspirasi yang lebih luhur. Jelaslah, pilihan yang kita ambil terkait pendidikan sangatlah penting.

Dua tahun yang lalu ketika semuanya begitu suram bagi saya, saya melihat betapa pentingnya pendidikan itu. Semuanya serba terpaksa, semuanya mendadak sehingga saya dipaksa untuk mengambil keputusan dengan cepat dengan berbagai risiko yang dibawa setiap pilihan itu. Tetap melanjutkan pendidikan merupakan keputusan terbesar saya dengan berbagai tekanan dan pertimbangan yang tentu saja semuanya saya putuskan dengan matang. Piihan itu mengantarkan saya sampai pada hari ini di mana saya menempuh pendidikan di salah satu institut dengan jurusan yang tentu saja dapat berguna untuk banyak orang yaitu, teknik lingkungan.

 

Semuanya baik–baik saja, tidak ada terlalu banyak masalah sampai pada semester ini mulai muncul pertimbangan bahwa saya harus memperoleh sesuatu yang lebih baik, mengambil ujian masuk ke salah satu perguruan tinggi merupakan pilihan yang ditawarkan. Sulit memang, tapi sahabat Fimela harus tahu bahwa memang tidak ada yang pasti dalam kehidupan ini.

Hari ini dengan semua gejolak yang ada di dalam pikiran dan hati saya, saya sudah mantap. Ketika saya memilih untuk terus melanjutkan pendidikan merupakan keputusan yang tepat, namun jika saya ingin mendidik generasi yang ada dengan aspirasi yang lebih luhur maka sudah jelas bahwa saya juga perlu pendidikan yang terbaik tidak hanya asal saja. Aspirasi yang lebih luhur ini dapat diperoleh melalui pendidikan yang terbaik juga yang bisa diperoleh dari bangku perkuliahan dan dari para utusan Tuhan. Semuanya menjadi terang bagi saya. Tujuan yang akan saya capai saat ini adalah memperoleh pendidikan terbaik.

Akan tetapi terdapat banyak pemikiran yang harus terus dikembangkan dengan berbagai ide dan pengalaman yang semakin kaya, dan memperolehnya tidak mungkin jika hanya dari Indonesia. Menjelajahi setiap jengkal kota, dan bertemu dengan orang baru membuat saya lebih bersemangat untuk menjalani peliknya hidup ini. Melewati batas setiap negara, melintasi benua, dan duduk bersama dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda–beda bisa membuat saya membantu lebih banyak orang dan dapat menyumbang pada perbaikan dunia ini. Tidak ada salahnya menjelajahi seluruh pelosok negeri ini, namun tidak pernah ada ruginya untuk menjajagi seluruh dunia ini.

Sahabat Fimela harus tahu bahwa tidak mudah memang menanggung tanggung jawab yang besar untuk keberlangsungan hidup seseorang karena setiap perempuan akan menjadi ibu bagi anak–anaknya. Akan tetapi menerimanya dan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik adalah bentuk rasa syukur atas anugerah ini. Saya yakin setiap usaha yang saya kerahkan akan membuahkan hasil yang optimal karena setiap keinginan dan impian saya untuk kepentingan orang banyak selain itu saya juga yakin bahwa Tuhan adalah penolong bagi jiwa–jiwa yang bertujuan untuk mengabdi kepada umat manusia dan yang membaktikan usaha serta upayanya bagi kebaikan dan perbaikan umat manusia.

Saya memang tidak tahu apakah yang saya inginkan akan baik untuk saya, tapi saya yakin ini baik untuk orang–orang di sekeliling saya dan untuk pertumbuhan mereka. Mimpi tidak selamanya adalah apa yang kita inginkan. Impian tidak selamanya muncul dari diri sendiri. Bahkan angin yang berhembus dapat membantu memahami bagaimana kita akan selalu dikuatkan dan diberi penguatan atas segala keinginan kita. Jika memang banyak hal buruk terjadi di lingkungan sekitar kita, meninggalkannya bukanlah jawaban tapi membuat lingkungan yang sesuai untuk kemuliaan adalah solusinya. Bermimpilah dan pilihlah setiap jalan yang akan Tuhan mudahkan. Bermimpi memang mudah namun meyakininya dan berusaha mencapainya bukanlah perkara remeh.

 

;
Loading