Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian INTP, si Logis yang Suka Menyepi

Fimela.com, Jakarta Dalam tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), terdapat 16 tipe kepribadian. Salah satunya adalah tipe kepribadian INTP (introverted, intuitive, thinking, perceiving). Untuk mengetahui kita termasuk memiliki kepribadian apa, biasanya kita perlu mengikuti tes khusus. Tapi kali ini kita akan coba bahas sejumlah ciri umum dari tipe kepribadian INTP.

Seorang INTP sangat suka menghabiskan waktunya sendiri. Dilansir dari verywellmind.com, sebagai seorang introver ia kadang tampak begitu tertutup. Tapi di sisi lain, sebenarnya saat sedang menyepi atau menyendiri, ia bisa berpikir dengan sangat dalam untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk mengetahui lebih jauh soal tipe kepribadian INTP, yuk kita ungkap lima ciri umum dari tipe kepribadian INTP ini.

1. Logis dan Objektif

Saat menganalisis data dan membuat keputusan, seorang INTP dikenal sangat logis dan objektif. Lebih suka mengandalkan informasi yang objektif daripada perasaan atau emosi yang sifatnya subjektif. Jadi, tak mudah terbawa perasaan.

2. Lebih Suka Berkumpul dengan Orang-Orang Terdekat

Seorang INTP mungkin sering tampak tertutup. Pada saat-saat tertentu, bisa terlihat sangat pendiam. Tapi sebenarnya ia hanya lebih menyukai berkumpul dengan kelompok atau orang-orang terdekat. Orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau hubungan dengannya adalah yang paling membuatnya nyaman.

3. Lebih Suka Menyepi untuk Mencari Solusi

Orang dengan tipe kepribadian INTP sangat suka menghabiskan waktunya sendiri saat mencari solusi. Apa yang ada di dalam pikirannya bisa lebih ramai dibandingkan yang tampak dari luar. Ketika sedang ada masalah, biasanya ia lebih memilih menyepi untuk melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang untuk kemudian berusaha menemukan jalan keluarnya.

4. Bisa Berpikir "Outside of the Box"

Orang dengan tipe kepribadian INTP ini pun bisa sangat fleksibel. Mampu berpikir kreatif dan outside of the box. Ia juga sangat menyukai konsep-konsep teoritis atau abstrak.

5. Kurang Suka Mengikuti Struktur dan Aturan

Tidak begitu suka dibatasi. Lebih suka diberi pilihan yang membuat mereka bebas mengambil keputusan. Seorang INTP juga bisa merasa kurang nyaman bila diharuskan mengikuti struktur dan aturan. Selain itu, seorang INTP juga lebih suka melihat segala sesuatu dari gambaran utuh dan bukan fokus pada detail-detail kecil.

Albert Einstein, Dwight D. Eisenhower, Carl Jung, dan Tiger Woods merupakan sejumlah orang terkenal yang memiliki tipe kepribadian INTP. Sebagai seorang introver, tipe kepribadian INTP ini memiliki keistimewaannya sendiri. Bila kelebihan yang ada bisa dioptimalkan dengan baik maka peluang untuk bisa sukses dan berhasil dalam hidup jadi lebih besar.

Apakah ada di antara kita yang memiliki tipe kepribadian INTP ini? Semoga info ini bsa jadi salah satu referensi yang bisa memudahkan kita mengenal diri kita dengan lebih baik, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading