Sukses

Food

Tips Memanggang Ayam dengan Oven Listrik agar Matang Merata

Fimela.com, Jakarta Hadirnya alat-alat memasak yang cangging memang mempermudah pekerjaan di dapur. Salah satu alat yang super praktis adalah oven listrik. Sayangnya, banyak yang masih kurang tahu cara menggunakannya dengan cara yang maksimal.

Beberapa mungkin menganggap, bahwa memanggang beberapa jenis makanan tidak dapat matang merata jika menggunakan oven listrik. Perlu diketahui, bahwa ada tekniknya, lho agar hidangan dapat matang sempurna meski hanya menggunakan oven listrik. Nah, kali ini FIMELA akan berbagi tips cara memanggang ayam dengan menggunakan oven listrik. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Panaskan Oven

Sebelum memanggang ayam, ada baiknya untuk memanaskan oven terlebih dahulu. Gunakan suhu 232 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. Dengan menggunakan suhu tersebut membuat warna daging atam menjadi kecokelatan.

Posisi Ayam

Ayam akan lebih matang merata jika diltekkan dengan posisi dada menghadap ke atas dan masukkan dalam oven. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kematangan yang merata bagi ayam.

Keluarkan Rak yang Tidak Terpakai

Keluarkan rak yang tidak dipakai dalam oven. Untuk memanggang ayam hanya diperlukan rak paling bawah saja. Maka, untung membuat pemancaran yang lebih mematangkan, akan lebih baik jika rak yang tidak dipakai dikeluarkan saja.

Turunkan Suhu Oven

Ketika hendak memasukkan ayam ke dalam oven, turunkan terlebih dahulu suhu menjadi 190 derajat celcius. Letakkan ayam ke dalam panci oven. Panggang daging selama 60-90 menit, tergantung ukuran ayam yang dipanggang dan penyebaran suhu di dalam oven.

Suhu menggunakan Termometer

Masukkan termometer panggang ke dalam paha ayam. Termometer harus menunjukkan suhu 77 derajat celcius. Jika tidak, panggang lagi ayam selama 20-30 menit. Nah, jika ayam sudah matang, sebaiknya segera keluarkan dari oven dan tutup ayam menggunakan alumunium foil agar suhu panas tetap terjaga.

Nah, itulah tadi cara memanggang ayam agar lebih matang sempurna hanya dengan oven listrik. Cukup mudah bukan, Sahabat Fimela? Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading