Sukses

Lifestyle

5 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Luar Jam Kerja

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan, salah satu jalan keluar terbaiknya adalah melakukan usaha ekstra. Memang mau tak mau kita harus bisa melakukan sesuatu dan membagi waktu sebaik mungkin bila ingin mendapat pendapatan ekstra di luar gaji bulanan. Dan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan pun sebenarnya cukup banyak.

Kedisiplinan dan komitmen yang tinggi jadi kunci utamanya. Di luar jam kerja atau di sela-sela jam kerja kita bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk meraup lebih banyak rupiah. Ada empat cara yang setidaknya paling memungkinkan untuk bisa kita lakukan di luar jam kerja kantor demi mendapat penghasilan atau pendapataan tambahan.

1. Mengerjakan Proyek Lepas (Freelancing)

Kalau kita punya keahlian di bidang penerjemahan, kita bisa jadi penerjemah lepas. Kalau kita punya kemampuan membuat desain, kita bisa menggunakan jasa kita untuk mencari klien yang membutuhkan desain kita. Intinya coba kenali dengan baik kemampuan atau keahlian yang kita punya. Lalu coba cari peluang pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kompetensi kita tersebut.

2. Jual Beli Online

Kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mulai bisnis kecil-kecilan. Bisa juga bergabung ke platform atau e-commerce untuk mulai usaha jual beli online. Buat yang hobi shopping, bisa nih coba salurkan hobinya dengan menjual kembali barang-barang yang dulu pernah dibeli tapi tak pernah dipakai lagi. Siapa tahu dari bisnis online kecil-kecilan, kita bisa mendapat penghasilan yang nggak kalah dari gaji bulanan.

3. Memberi Les Privat

Di hari libur atau akhir pekan, kita bisa memberi jasa les privat untuk anak-anak. Sesuaikan saja dengan bidang ilmu atau pelajaran yang kita kuasai. Lalu, cari anak-anak yang sekiranya membutuhkan jasa kita. Soal jadwal memberikan les bisa disesuaikan dan dibuat fleksibel tanpa mengganggu jam kerja kantor.

4. Menjual Kerajinan Tangan

Kalau punya passion membuat kerajinan tangan yang unik dan lucu, bisa nih dioptimalkan untuk mengantongi pendapatan tambahan. Pemasarannya mungkin bisa dimulai dari antar teman terlebih dahulu. Bisa juga di-posting di media sosial. Kita bisa mengerjakannya sesuai dengan pesanan juga. Tinggal disesuaikan dengan waktu yang kita punya dan harga yang disepakati.

5. Membuka Jasa Katering

Punya hobi memasak? Bisa juga lho mencari penghasilan tambahan dari kecintaan pada dunia boga. Bisa dimulai dengan membuat aneka camilan atau jajanan untuk kemudian dibawa dan dijual ke teman-teman kator. Sekaligus buka jasa pesanan katering sesuai kebutuhan.

Ada banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan dan optimalkan untuk mendapat penghasilan tambahan di luar jam kerja. Tapi kita juga perlu lebih bijak dalam mengatur waktu, ya. Tetap prioritaskan kesehatan juga, jangan terlalu memaksakan diri bekerja tanpa henti.

Loading
Artikel Selanjutnya
Untuk Perempuan yang Sedang Bersusah Payah Membangun Karier, You're Special!
Artikel Selanjutnya
Etika Berkirim Pesan Teks untuk Urusan Pekerjaan, Perhatikan 5 Hal Ini ya!