Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Setiap orang dianjurkan untuk mendapatkan tidur selama delapan jam sehari. Meski sudah memenuhi kebutuhan tidur tersebut, terkadang tubuh masih terasa begitu lelah.

Dikutip dari Purewow.com pada Jumat (1/2/2019) hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang menganggu kualitas tidur. Untuk itu, sebaiknya tidak melakukan hal berikut ini sebelum tidur sehingga tubuh menjadi terasa segar.

1. Minum alkohol

Minum alkohol memang membuat tubuh lebih mudah tidur. Namun di saat yang bersamaan, kualitas tidur juga akan menjadi terganggu dan menurun. Alkohol akan mengurangi istirahat dari gerakan mata. Sehingga mata akan terasa begitu lelah dan berat ketika bangun.

2. Buka Instagram

Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh kaum millennial sebagai pengantar tidur. Padahal penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dan putih dari layar akan membuat otak kesulitan melepas hormon melatonin yang menjadi hormon seseorang untuk tidur.

3. Makan gula

Dark chocolate sering diidentikkan sebagai makanan sehat. Namun jangan lupakan kandungan kafein yang terdapat dalam cokelat. Inilah yang tubuh tetap terjaga sepanjang malam. Studi dari Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa makanan dengan tinggi lemak jenuh dan gula sering dikaitkan dengan tidur yang lebih ringan dan kurang restoratif.

 

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur

4. Makan makanan pedas

Makanan pedas sering menyebabkan refluks asam yang diperburuk jika berbaring terlalu cepat setelah makan. Ini akan membuat terjadinya kesulitan tidur. Sehingga usahakan untuk kurangi makanan pedas di malam hari.

5. Minum terlalu banyak air

Memang penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Namun jika terlalu banyak minum air akan membuat kamu terbangun di malam hari untuk ke kamar mandi

6. Menyelesaikan pekerjaan

Membawa pekerjaan kantor ke rumah menjadi hal yang perlu diperhatikan. Idealnya, tempat tidur menjadi tempat untuk bersantai. Namun jika masih tetap memeriksa email sebelum tidur di tempat tidur, akan membuat otak mengasosiasikan bahwa tempat tidur adalah tempat untuk stres dan bekerja.

Loading