Sukses

Lifestyle

Masalah Komunikasi dalam LDR Bisa Diatasi dengan Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Menjalin hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang selalu memberi tantangan sendiri. Terpisah jarak dan ruang membuat pasangan LDR harus berusaha lebih keras dalam menjaga hubungan. Memastikan komunikasi bisa dijaga dengan baik adalah salah satu kunci penting untuk memastikan hubungan tetap utuh.

Menjaga komunikasi pun kadang tak semudah kelihatannya. Ada satu masalah kecil dalam komunikasi bisa memicu berbagai permasalahan yang serius. Bahkan hubungan bisa berada di ujung tanduk saat komunikasi sudah mulai bermasalah. Tapi ada sejumlah cara yang sebenarnya sederhana untuk mengatasi masalah komunikasi dalam LDR ini. Selengkapnya, langsung saja ikuti infonya di sini ya.

Mengajukan Pertanyaan dengan Tenang

Bila kita curiga tentang sesuatu, coba tetap tenang dan bertanyalah. Tanyakan apa maksudnya. Jangan langsung menuduh atau menarik kesimpulan sendiri. Sealu konfirmasi dan buat klarifikasi bila ada sesuatu yang kurang jelas.

Beri Respon, Jangan Langsung Bereaksi

Pahami karakter dan kepribadian pasangan. Pastinya kita sudah mengenal setidaknya bagaiman sikapnya ketika sedang marah atau butuh perhatian. Jika dia menginginkan perhatian kita, beri ia perhatian. Tak perlu langsung marah. Ketika sedang di telepon atau video call, tetap kendalikan nada bicara dan emosi kita supaya tidak meledak-ledak.

Jernihkan Kepala Sebelum Mengobrolkan Masalah

Kalau sama-sama masih emosi atau marah, mending jernihkan kepala dulu. Beri ruang satu sama lain untuk meredakan amarah dan emosi. Baru ketika pikiran sudah kembali jernih, masalah bisa diobrolkan kembali. Dengan begini, komunikasi bisa diperbaiki dengan lebih mudah. Karena kalau sebuah masalah dibicarakan dengan penuh emosi, malah akan memperburuk situasi yang ada.

Yang tak kalah penting adalah kurangi terlalu banyak prasangka. Sebaiknya jangan terlalu mudah curiga atau cemburu sebelum dipastikan langsung. Meski hal ini susah karena terpisah jarak dan saling berjauhan, tapi komitmen untuk bisa tetap saling percaya perlu dibangun sejak awal memulai hubungan.

Kalau Sahabat Fimela sendiri, bagaimana? Punya tips atau saran lain dalam mengatasi persoalan komunikasi dalam menjalin hubungan jarak jauh?

Loading
Artikel Selanjutnya
Menurut Penelitian, LDR Bisa Bikin Pasangan Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Hubungan Jarak Jauh Bisa Membuat Pasangan Justru Makin Dekat