Sukses

Lifestyle

6 Kiat Meredakan Gejala Flu

Fimela.com, Jakarta Ketika cuaca tak menentu seperti sekarang ini, virus akan mudah menyebar dan menimbulkan penyakit. Salah satu virus yang paling cepat menyerang dalam cuaca seperti ini adalah influenza yang menyebabkan flu.

Perubahan cuaca memang jadi dalang besar di balik mewabahnya virus flu, tapi gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari juga memengaruhi kesuksesan virus tersebut memasuki tubuh manusia. Untuk itu, pastikan kamu tidak memberi celah bagi virus tersebut untuk masuk ke dalam tubuhmu.

Agar tubuhmu tidak kalah oleh virus flu, lakukan kebiasaan sehat berikut ini, ya!

1. Cuci tangan

Mencuci tangan adalah salah satu cara mengurangi risiko penyebaran virus penyebab flu. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Tropical Medicine & International Health, sebagaimana dikutip Fimela dari Reader's Digest, rajin cuci tangan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan hingga 16%.

2 dari 3 halaman

2. Hindari antibiotik

Pada dasarnya antibiotik tidak dapat membunuh virus, melainkan bakteri. Jadi meminum antibiotik tidak akan memperbaiki kondisimu.

3. Tetap di rumah

Virus flu bisa dari mana saja, bahkan kamu mungkin sudah menularkannya kepada orang lain sebelum menyadarinya. Untuk itu, disarankan untuk tetap di rumah paling tidak selama 24 jam setelah demam hilang.

4. Pakai hand sanitizer

Mengisolasi diri belum memberi sepenuhnya jaminan kamu akan terbebas dari virus. Pakai hand sanitizer untuk mencegah virus menyebar.

3 dari 3 halaman

5. Jangan sampai dehidrasi

Hindari berolahraga atau beraktivitas berat, jangan minum kafein, dan sebisa mungkin minum air putih yang banyak ketika gejala flu mulai muncul. Air putih bisa membantu mengencerkan ingus.

6. Tidur cukup dan makan makanan bergizi

Istirahat adalah cara yang efektif untuk mengatasi gejala flu. Iringi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak untuk mempercepat proses pemulihan. Semangkuk sup hangat juga baik untik tubuh.

Artikel Selanjutnya
4 Makanan yang Bisa Diandalkan Saat Terserang Flu
Artikel Selanjutnya
Bolehkah Ibu Menyusui Bayi Saat Sedang Flu?