Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Rasa Cemburu dengan Tetap Menjaga Akal Sehat

Fimela.com, Jakarta Cemburu bisa jadi tanda cinta bila kadarnya cukup. Tapi kalau sampai berlebihan bahkan cemburu buta, masalah dalam hubungan pun bisa runyam. Penting untuk menjaga hubungan tetap sehat dengan tidak berlebihan dalam cemburu. Akal sehat pun tetap perlu dijaga agar masalah tidak makin runyam dalam hubungan.

Menjaga hubungan memang butuh usaha. Cemburu bisa jadi warna sendiri dalam hubungan selama tidak sampai berlebihan. Ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemburu dengan tetap menjaga akal sehat. Seperti cara-cara berikut ini.

1. Selalu Konfirmasi Lebih Dahulu Sebelum Menuduh

Sebaiknya jangan sembarang asal menuduh kalau belum ada kejelasan atau kepastian. Jangan mudah percaya info yang cuma gosip atau rumor. Jangan terlalu mudah curiga dengan pasangan sendiri. Kita perlu meyakinkan pasangan bahwa kita percaya padanya maka dari itu kita pun perlu langsung bertanya atau klarifikasi soal berbagai hal dan masalah yang ada.

2. Hindari Percakapan Saat Masih dalam Keadaan Marah

Kalau masih marah atau dipenuhi rasa curiga, jangan memaksakan diri untuk mengajaknya bicara. Hindari obrolan atau percakapan bila suasana masih terasa panas atau tegang. Beri ruang pada masing-masing selama beberapa saat untuk menenangkan diri. Baru setelah itu luangkan waktu khusus untuk kembali mengobrol atau bercakap-cakap.

3. Bila Cemburu Membuat Hati Sedih, Ungkapkan Kesedihan Itu

Jujur saja bila hati sedih dan terluka karena merasa cemburu. Pasangan kita pun perlu tahu betapa besar rasa cinta dan peduli kita padanya. Kalau kita merasa sedih dan terluka saat melihatnya dekat dengan perempuan lain, tak ada salahnya untuk berkata jujur. Daripada hanya dipendam sendiri, malah akan membuat batin kita terluka sendiri.

Mengatasi rasa cemburu mungkin tak semudah kelihatannya. Butuh kejernihan pikiran dan cara berkomunikasi yang baik agar hubungan bisa tetap terjaga dengan baik dan tetap harmonis.

 

Artikel Selanjutnya
Suami Ngambek Karena Cemburu, Apa yang Bisa Dilakukan?
Artikel Selanjutnya
Saat Pria Sedang Berjarak atau Diam, Ini yang Perlu Kita Lakukan