Sukses

Lifestyle

Weci Hingga Ote-ote, Ini Nama Lain Bakwan di Berbagai Kota di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sejak dulu, Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan ragam kuliner yang mengagumkan. Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing yang pastinya menggugah selera. Selain itu, setiap daerah juga memiliki sebutan unik pada makanan itu meski terkadang makanan itu memiliki kemiripan dengan makanan di daerah lainnya.

Ngomongin soal makanan dan namanya, ternyata bakwan memiliki beragam nama di Indonesia. Meski terbuat dari bahan yang sama yakni tepung terigu, irisan sayur kubis, wortel dan lainnya yang kemudian digoreng hingga matang dan renyah, bakwan memiliki nama berbeda-beda di berbagai kota di Indonesia. Dan berikut nama lain dari bakwan.

Weci/Heci

Di Malang, Jawa Timur, orang menyebut bakwan dengan nama weci atau heci. Tak hanya di Malang, di Madiun, Lumajang, Tulungagung dan beberapa kota lain di Jawa Timur juga menyebut bakwan dengan sebutan weci/heci.

Pia-pia

Beberapa orang di Blora dan Pati, Jawa Tengah menyebut bakwan dengan sebutan pia-pia. Gorengan

2 dari 2 halaman

Ote-ote dan Bala-bala

Badak

Badak menjadi sebutan bakwan sayur di Pekalongan dan Semarang, Jawa Tengah. Meski banyak orang menyebut makanan ini sebagai badak, secara umum masyarakat juga akan menyebut bakwan dengan sebutan bakwan hingga weci.

Macau atau Makau

Masyakat di Manado dan Kupang menyebut bakwan dengan sebutan macau atau makau. Meski begitu, tidak sedikit orang yang menyebut makanan ini dengan sebutan bakwan.

Ote-ote

Selain weci/heci, masyarakat Jawa Timur juga akan menyebut bakwan dengan nama ote-ote. Beberapa orang di kota Gresik, Blitar, Mojokerto dan sekitarnya menyebut gorengan satu ini dengan sebutan ote-ote.

Bala-bala

Di Bandung, bakwan disebut juga dengan nama bala-bala. Bala sendiri memiliki makna berantakan yang menunjukkan bahwa bakwan memiliki bentuk cukup berantakan.

Itulah beberapa sebutan lain untuk bakwan di beberapa kota di Indonesia. Selain nama-nama di atas, bakwan juga sering dinamai dengan kandoang (Kendari, Sulawesi Tenggara), Bikang Doang (Makassar, Sulawesi Selatan), Hongkong (Banyuwangi) dan Bakwan di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Medan dan masih banyak lagi.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Belacan Hingga Kapi, Ini Nama Lain Terasi di Berbagai Negara Asia
Artikel Selanjutnya
4 Bubur Enak dari Berbagai Negara di Dunia, Tertarik Mencoba?