Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Cokelat Agar Tak Mudah Leleh

Fimela.com, Jakarta Cokelat menjadi salah satu makanan yang sangat disukai semua orang. Rasanya yang lezat dan manfaatnya yang mengagumkan buat kesehatan menjadikan cokelat sebagai makanan favorit banyak orang. Cokelat sendiri bisa dibilang sebagai makanan yang cukup mewah dengan harga yang sangat mahal hingga cukup terjangkau.

Jika Sahabat Fimela adalah penggemar cokelat dan suka beli cokelat dalam jumlah banyak, pastikan untuk menyimpan cokelat dengan baik dan benar ya. Cara menyimpan cokelat yang kurang tepat bisa membuat cokelat rentan meleleh hingga membuat rasa maupun teksturnya tak lagi menggugah selera. Menyimpan cokelat di waktu yang cukup lama dalam suhu tropis Indonesia, ini bisa membuat cokelat rentan leleh. Lantas, bagaimana cara menyimpan cokelat agar tak mudah leleh?

Simpan di Suhu Rendah

Agar cokelat tak mudah leleh, usahakan untuk menyimpannya di suhu rendah. Simpan cokelat di ruangan dengan suhu 15 - 21 derajat celcius. Kalau mau cokelat tahan lebih lama dan semakin padat, simpan cokelat di dalam lemari es. Namun ingat, saat menyimpan cokelat di lemari es, bungkus cokelat dengan plastik atau masukkan ke dalam wadah yang kering tertutup agar cokelat tidak terkena uap air secara langsung.

Simpan di Tempat Kering dan Bersih

Hindari Sinar Matahari Langsung

Saat menyimpan cokelat, hindari menyimpan cokelat di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya, cokelat disimpan di tempat tertutup dan terhindar dari sinar matahari langsung. Tak hanya mudah leleh, cokelat yang terkena sinar matahari langsung juga rentan berbau tengik.

Simpan di Tempat Kering dan Bersih

Selain menghindari tempat yang terkena sinar matahari langsung, cokelat sebaiknya juga disimpan di tempat yang tidak terlalu lembab atau basah. Cokelat yang disimpan di tempat terlalu lembab akan memudahkannya ditumbuhi jamur. Cokelat yang terkena air kualitasnya juga akan menurun atau bahkan rusak.

Jauhkan dari Makanan dan Benda Berbau Menyengat

Usahakan untuk menyimpan cokelat jauh dari makanan atau benda lain yang berbau menyengat. Ini dilakukan agar cokelat tidak tercemar oleh bau menyengat tersebut. Saat cokelat sudah tercemar bau menyengat dari makanan atau benda lain, ini bisa membuat rasa dan aromanya berubah.

Sahabat Fimela, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyimpan cokelat agar tidak mudah leleh dan rusak. Semoga cara ini bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Jenis Cokelat Lezat yang Cocok Jadi Kado Valentine
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hadiah Cokelat Rasa Mawar untuk yang Tersayang di Hari Valentine