Sukses

Lifestyle

5 Olahan Masakan Ikan Favorit Masyarakat Indonesia

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki nutrisi mengagumkan buat kesehatan. Ikan juga merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua, tentunya sangat suka dengan masakan yang berbahan dasar ikan.

Ngomongin soal masakan berbahan dasar ikan, sedikitnya ada 5 olahan masakan ikan yang favorit bagi masyarakat Indonesia. Ini mengingat olahan masakan ikan memiliki rasa yang sangat lezat dan mudah pembuatannya. Apa saja olahan masakan ikan favorit masyarakat Indonesia? Simak yang berikut ini.

Ikan Goreng

Olahan masakan ikan pertama yang sangat digemari adalah ikan goreng. Apapun jenis ikannya, saat dimasak dengan cara digoreng dengan bumbu ketumbar bawang putih, siapapun nampaknya tak akan bisa menolak kelezatannya.

Ikan Bakar

Olahan masakan ikan selanjutnya yang juga sangat digemari adalah ikan bakar. Disajikan bersama sambal, nasi putih, lalapan dan kerupuk, ikan bakar akan selalu berhasil menggugah selera siapa saja yang ada di hadapannya.

 

2 dari 2 halaman

Pepes Ikan dan Dua Lainnya

Pepes Ikan

Olahan masakan berikutnya yang sangat digemari adalah pepes ikan. Pepes merupakan proses memasak dengan cara dikukus bersama bumbu rempah seperti kunyit, bawang putih, tomat, cabai, daun kemangi dan bumbu lainnya. Jenis ikan yang biasa dimasak pepes antara lain gurame, emas, nila, patin, gabus, lele, tongkol, cakalang dan masih banyak lagi.

Pempek

Pempek menjadi olahan ikan khas Palembang dan daerah di pulau Sumatera lainnya. Meski begitu, pempek menjadi salah satu olahan masakan ikan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Pempek sendiri merupakan olahan yang dibuat dengan menghaluskan daging ikan kemudian dicampur dengan tepung serta bumbu lainnya. Pempek ada bermacam-macam antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu dan pempek pastel atau pustel.

Presto

Olahan masakan ikan yang begitu digemari selanjutnya adalah ikan masak presto. Biasanya, ikan yang dimasak dengan cara dipresto adalah ikan bandeng. Di Indonesia, kota yang sangat terkenal dengan bandeng prestonya adalah Semarang, Jawa Tengah.

Itulah beberapa olahan masakan ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Olahan-olahan tersebut dinilai sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Selain olahan di atas, olahan masakan ikan lain yang juga favorit antara lain ikan bumbu rica-rica, bakso ikan, gulai ikan dan pecak ikan. Kalau Sahabat Fimela, olahan ikan apa yang paling favorit?

 

Artikel Selanjutnya
Resep Patty Burger Ikan Super Enak dan Lezat
Artikel Selanjutnya
Jangan Masak Ikan Saat Baru Saja Keluar dari Kulkas, Ini Alasannya