Sukses

Lifestyle

Selain Tempe Kedelai, Ini 5 Jenis Tempe di Indonesia yang Enaknya Juara

Fimela.com, Jakarta Kalau ngomongin soal tempe, yang pertama ada di pikiran kita tentunya tempe adalah bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Namun jangan salah Sahabat Fimela, selain tempe dari kacang kedelai, di Indonesia ada beberapa tempe dari bahan lain yang enaknya juga juara.

Tak hanya enak, tempe tersebut juga memiliki nutrisi yang mengesankan buat kesehatan. Tempe tersebut bahkan bisa diolah menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Penasaran tempe apa saja selain tempe kedelai? Simak yang berikut ini.

Tempe Gembus atau Menjes

Ini merupakan jenis tempe yang terbuat dari ampas tahu. Rasanya gurih dan teksturnya lebih empuk. Tempe gembus atau menjes menjadi salah satu jenis tempe yang cukup populer di kalangan masyarakat setelah tempe kedelai. Tempe gebis bisa diolah menjadi tempe goreng, ditumis atau disayur lodeh.

Tempe Bongkrek

Tempe bongkrek menjadi salah satu tempe khas Jawa Tengah. Tempe ini terbuat dari ampas kelapa yang memiliki rasa gurih. Untuk mengonsumsi tempe bongkrek, pastikan tempe dalam kondisi fresh. Tempe yang berwarna kekuningan sebaiknya dihindari karena berpotensi mengandung racun.

2 dari 2 halaman

Tempe Koro atau Benguk

Tempe Koro atau Benguk

Tempe koro atau benguk menjadi salah satu tempe yang berasal dari Yogyakarta. Tempe ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang lebih keras. Warna tempe koro cenderung kecokelatan karena terbuat dari kacang koro atau kacang benguk. Umumnya, tempe koro diolah menjadi tempe goreng tepung.

Tempe Lamtoro

Kacang lamtoro juga bisa dibuat sebagai tempe lho Sahabat Fimela. Tempe lamtoro menjadi salah satu tempe yang terkenal di daerah Mojopuro, Wonogiri. Tempe ini memiliki rasa yang cukup unik dan tidak segurih tempe lainnya. Tempe lamtoro memiliki rasa yang sedikit berlemak dan tekstur yang cukup lembek. Sebutan untuk tempe lamtoro lainnya adalah tempe mlanding. Tempe goreng lamtoro adalah olahan yang paling cocok untuk tempe ini.

Tempe Kacang Merah atau Kacang Hijau

Kacang merah dan kacang hijau juga bisa diolah menjadi tempe. Tempe ini bisa ditemukan dengan mudah di Yogyakarta. Jika Sahabat Fimela berkunjung ke Malang, Jawa Timur, di sana juga ada sejenis tempe yang sama dengan sebutan tempe kacang. Biasanya, tempe kacang ini diolah menjadi tempe goreng atau dimasak santan pedas.

Itulah beberapa jenis tempe lain di Indonesia yang enaknya juara. Selain tempe di atas, ada juga tempe lainnya lho. Tempe tersebut antaranya ada tempe kecipir, tempe munggur, tempe karet, tempe kara kratok, tempe gude, tempe bungkil dan tempe kacang tanah.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bedanya Tempe Bungkus Daun Pisang dan Bungkus Plastik? Lebih Baik Mana?