Sukses

Lifestyle

Belacan Hingga Kapi, Ini Nama Lain Terasi di Berbagai Negara Asia

Fimela.com, Jakarta Terasi merupakan bumbu masakan yang memiliki aroma serta rasa khas. Biasanya, terasi digunakan untuk bumbu masakan tumis atau juga sebagai bumbu sambal. Ngomongin saol terasi, rupanya di negara lain di Asia juga ada bumbu masakan terasi. Hanya saja, di negara-negara ini sebutan terasi berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Penasaran apa sebutan terasi atau pasta udang jika di negara lain? Melansir dari laman omicsonline.org, ini beberapa nama lain terasi di berbagai negara Asia.

Malaysia

Di negeri tetangga yakni Malaysia, terasi memiliki nama belacan. Belacan biasa digunakan sebagai bumbu masakan sambal. Tidak sedikit masyarakat yang memanfatkan belacan sebagai bumbu masakan tumis sayuran.

Kamboja

Masyarakat di negara Kamboja menyebut terasi dengan Kapi. Sama dengan di Indonesia, terasi atau kapi di Kamboja terbuat dari ikan atau udang. Kapi adalah saus udang berbentuk padat. Untuk saus udang yang cenderung cair disebut dengan Nam tom.

2 dari 2 halaman

Nama Terasi di Myanmar dan Lainnya

Myanmar

Terasi di Myanmar disebut dengan nama Nga-pi. Beberapa masyarakat di sana juga menyebutnya sebagai Seinza dan Hmyannga pi. Di negara Myanmar, terasi digunakan sebagai bumbu untuk membuat sambal.

Philipina

Masyarakat di Philipina mengenal terasi dengan sebutan Bagoong-alamang. Beberapa lainnya juga menyebutnya dengan nama Buronghipon, Dinailan dan Lamayo. Sama dengan negara-negara tetangganya, terasi di negara ini juga digunakan sebagai bumbu masakan sambal. Terasi di sini terbuat dari udang yang dihaluskan.

Thailand

Di Thailand terasi disebut dengan nama Kapi. Terasi di Thailand juga dibuat dari ikan dan udang. Ini dimanfaatkan sebagai bumbu untuk membuat sambal atau masakan tumis.

Vietnam

Ada beberapa sebutan terasi di Vietnam. Sebutan tersebut mulai dari Mam ruac, Mam tom dan Mam tep. Terasi di negara ini juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan sambal dan masakan pedas lainnya.

Bangladesh

Di Bangladesh ada beberapa sebutan untuk pasta udang atau terasi. Sebutan tersebut mulai dari Sidol, Jumma dan Ngapi. Tak hanya sebagai bumbu sambal, pasta udang atau terasi di Bangladesh juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan kari.

Itulah beberapa nama lain terasi atau pasta udang di negara Asia lainnya. Sahabat Fimela termasuk salah seorang yang suka dengan terasi juga nggak nih?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Bubur Enak dari Berbagai Negara di Dunia, Tertarik Mencoba?
Artikel Selanjutnya
Cara Memilih Terasi yang Berkualitas Rasa Maupun Aromanya