Sukses

Lifestyle

5 Makanan Khas Surabaya dengan Cita Rasa Unik Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Berlibur ke suatu tempat nampaknya belum lengkap jika belum mengicipi atau merasakan makanan khas tempat tersebut. Termasuk saat Sahabat Fimela berlibur ke Kota Pahlawan, Surabaya, akan sangat belum lengkap jika belum merasakan makanan khas Surabaya yang umumnya memiliki cita rasa unik dan menggugah selera.

Saat berlibur ke Surabaya, kita akan menemukan banyak kuliner dengan cita rasa khas yang nampaknya tak akan pernah bisa ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. Kuliner tersebut mulai dari rujak cingur, tahu campur, rawon dan masih banyak ini. Penasaran apa saja makanan khas Surabaya yang enaknya juara, unik dan pastinya menggugah selera? Simak yang berikut ini.

Rawon

Rawon menjadi makanan khas Surabaya yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana. Rawon memiliki cita rasa khas yakni gurih, manis sekaligus menyegarkan. Rawon merupakan makanan berkuah sejenis soto daging namun berwarna gelap pekat. Warna gelap ini berasal dari bumbu biji kluwak di dalamnya. Selain daging, isian rawon bisa berupa labu siam dan labu air.

Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan makanan yang terbuat dari sayuran rebus seperti kacang panjang, tauge dan kubis yang kemudian dicampur dengan tahu dan tempe goreng, irisan mentimun serta cingur sapi kemudian disiram dengan kuah sambal kacang dengan tambahakan saus petis di dalamnya. Rujak cingur terasa makin mantap saat disantap bersama kerupuk dan dinikmati siang hari yang panas.

2 dari 2 halaman

Sate Klopo dan Dua Lainnya

Tahu Campur

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana adalah tahu campur. Tahu campur memiliki rasa khas yang gurih dan segar dalam setiap suapannya. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual tahu campur di pinggir jalan. Harga tahu campur juga cukup murah meriah.

Soto Lamongan

Soto Lamongan juga menjadi makanan khas Surabaya yang memiliki cita rasa khas unik dan menggugah selera. Soto ini memiliki rasa yang gurih, segar dan menyenangkan di setiap suapannya. Kita bisa dengan mudah menemukan soto ini di Surabaya. Soto Lamongan memiliki warna kuning kental karena adanya penambahan bumbu kemiri dan kunyit di dalamnya.

Sate Klopo

Makanan khas Surabaya berikutnya adalah sate klopo. Ini merupakan makanan sate yang sebelum dibakar dilumuri parutan kelapa sehingga menghasilkan rasa sate yang lebih gurih. Sate klopo juga dicampuri dengan jeroan dan lemak sehingga menghasilkan rasa yang lebih mantap. Sate klopo bisa ditemukan dengan mudah di tepi jalan kota Surabaya.

Itulah beberapa makanan khas Surabaya yang enaknya juara dan pastinya menggugah selera. Selain itu, makanan khas Surabaya ini juga memiliki cita rasa khas yang tidak akan ditemukan di masakan lainnya.

Artikel Selanjutnya
Selain Tempe Kedelai, Ini 5 Jenis Tempe di Indonesia yang Enaknya Juara
Artikel Selanjutnya
5 Olahan Masakan Ikan Khas Nusantara yang Enaknya Juara