Sukses

Lifestyle

Untuk Membeli Celana Jins Saja, Harus Berhemat Selama Setahun

Fimela.com, Jakarta Nasihat orangtua atau tradisi dalam keluarga bisa membentuk pribadi kita saat ini. Perubahan besar dalam hidup bisa sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai dan budaya yang ada di dalam keluarga. Kesuksesan yang diraih saat ini pun bisa terwujud karena pelajaran penting yang ditanamkan sejak kecil. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Culture Matters: Budayamu Membentuk Pribadimu ini.

***

Oleh: Apriani - Surabaya

Sejak kecil, orangtuaku sangat keras mendidikku, terutama mama. Mereka selalu mengajarkan aku untuk selalu jujur, rajin menabung, mandiri, bekerja keras dan bertanggung jawab atas apapun yang aku kerjakan. Saat masih TK saja, aku sudah diajari bekerja. Di saat anak seumuranku sedang senang-senangnya bermain, aku harus membantu mama menjaga toko. Waktu aku SD, mama bahkan mengajari aku untuk berbisnis sendiri yaitu berjualan alat tulis di sekolah. Dan kalau aku mau membeli barang yang aku inginkan, aku harus menabung sendiri.

Awalnya, sangat susah buatku untuk melakukan itu semua. Aku masih ingat, untuk membeli celana jins aja, aku harus berhemat dan menabung selama 1 tahun. Sedangkan kalau aku ingin boneka, aku harus mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Saat itu, aku sering membantah dan berdebat dengan mama. Aku berpikir kalau mama ini jahat dan pelit.

 

 

Waktu demi waktu pun terus berjalan, saat ini aku sudah bekerja. Dan aku menjadi orang kepercayaan di perusahaan tempat aku bekerja. Selain itu aku mempunyai usaha makanan sendiri, dan usahaku ini sudah berjalan selama 10 tahun. Beberapa kali aku memenangkan perlombaan menulis dan foto, serta dengan tabungan yang aku miliki, aku bisa merenovasi tempat tinggal orangtuaku karena selalu kebanjiran kalau musim hujan.

Aku sangat bersyukur dengan semua pencapaianku. Ternyata, di balik kerasnya didikan orangtuaku, banyak sekali hikmahnya. Apa yang sudah diajarkan oleh mereka sangatlah bermanfaat untuk masa depanku dan aku baru menyadarinya. Semua didikan mereka membentuk pribadiku hingga saat ini dan hal tersebut memberikan perubahan yang sangat besar dalam hidupku. Seandainya dari dulu aku tahu kalau nasihat dari orang tua bermanfaat, aku nggak akan deh membantah. Terima kasih mama dan papa. Semoga aku bisa selalu membahagiakan dan membanggakan mama dan papa.

Artikel Selanjutnya
My Culture Matters: Budayamu Membentuk Pribadimu