Sukses

Lifestyle

Tips Mengetes Baking Powder Untuk Tahu Kelayakan Pakainya

Fimela.com, Jakarta Baking powder, seperti halnya bahan makanan lain juga punya masa kadaluwarsa atau layak pakai. Bahan yang sudah tak layak pakai akan membuat makanan yang dibuat jadi tak maksimal. Begitu pula dengan baking powder. Jika memakai baking powder yang sudah tak layak, hasil kue juga tidak akan maksimal atau malah gagal.

Untuk mengetahuinya, ada cara yang bisa dicoba lho Sahabat Fimela. Sebaiknya tes dulu baking powder sebelum memakainya untuk bahan memasak. Cara untuk mengetesnya pun ternyata sangat mudah lho.

Yang diperlukan adalah air panas dan juga mangkuk. Siapkan mangkuk tahan panas. Tuang 1 sdt baking powder ke dalamnya. Tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk secukupnya. Campur keduanya dengan sendok plastik. Jika campuran menggelembung, ini tanda bahwa baking powder masih aktif dan bisa dipakai. Jika tidak muncul banyak gelembung, atau bahkan tak ada reaksi apa-apa, sebaiknya langsung buang baking powder dan beli yang baru.

Baking powder yang tak bergelembung tak akan mengembangkan adonan. Jadi, daripada sia-sia membuat adonan, lebih baik buang baking powder dan ganti baru.

Lalu, berapa lama sih masa berlaku baking powder pada umumnya? Baking powder ini masa pakainya biasanya sekitar enam bulan hingga satu tahun. Jika tak yakin sudah beberapa bulan menyimpan baking powder, sebaiknya lakukan tes ini dulu daripada adonan yang dibuat harus dibuang karena tak mengembang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Membuat Saus Tomat Makin Enak
Artikel Selanjutnya
Agar Tomat Tak Mudah Busuk, Begini Cara Menyimpannya