Sukses

Lifestyle

Macam-macam Jamur yang Bisa Dimasak dan Dibuat Camilan

Fimela.com, Jakarta Jamur menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam masakan lezat dan menggugah selera. Namun, tidak semua jenis jamur bisa diolah menjadi masakan dan dikonsumsi ya Sahabat Fimela. Ada beberapa jamur yang memang tidak beracun dan dimasak, dan ada pula beberapa jamur yang mengandung racun sehingga tidak bisa dimasak atau pun dikonsumsi.

Melansir dari laman liputan6.com, inilah beberapa macam jamur yang tidak beracun dan bisa diolah menjadi masakan lezat pun camilan menggugah selera.

Jamur Tiram

Jamur tiram menjadi jamur yang paling mudah dan banyak ditemukan di pasaran. Jamur tiram berwarna putih bersih dan cokelat agak keabu-abuan. Jamur tiram bisa dimasak tumis, goreng, kuah kari maupun dibuat keripik renyah.

Jamur Kancing

Jamur kancing berbentuk bulat mirip kancing. Ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket. Jamur kancing biasanya dimasak dengan cara ditumis, sebagai isian lumpia atau dimasak menjadi masakan ala Barat sejenis pastry.

Jamur Merang

Jamur merang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Jamur merang berbentuk bulat telur dan berwarna abu-abu gelap atau pun abu-abu terang.

Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki warna cokelat gelap dan nampak basah. Teksturnya tipis kenyal serta segar. Jamur ini sangat lezat dan cocok dimasak tumis bersama bahan masakan lain atau pun dimasak sup.

Jamur Enoki

Jamur selanjutnya ada jamur enoki. Jamur ini berukuran kecil dengan batang berwarna putih panjang. Jamur ini bisa disantap secara langsung atau dimasak kuah dengan dimasukkan ke dalam sup panas.

Jamur Shitake

Jamur shitake memiliki warna cokelat gelap dan biasanya menjadi bahan masakan untuk makanan khas Jepang. Jamur ini memiliki rasa yang lezat dan gurih khas.

Itulah beberapa jamur yang bisa dikonsumsi dan dibuat berbagai masakan serta camilan lezat. Selain jamur di atas yang memang sangat mudah ditemukan di pasaran, ada beberapa jamur lain yang juga bisa dikonsumsi. Jamur lain itu antaranya jamur shimeji, jamur chanterelle, jamur procini, jamur white turflle, jamur puffball, jamur pom pom, jamur ktak, jamur morel, jamur matsutake, jamur maitake dan jamur ling zhi.

 

Loading