Sukses

Lifestyle

5 Sambal Khas Jawa Barat yang Pedas dan Lezatnya Juara

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, makan nasi tanpa sambal rasanya menjadi hal yang kurang lengkap. Ya, selama ini sambal telah menjadi pelengkap aneka sajian masakan. Di Indonesia juga terdapat beragam sambal yang siap memanjakan kita semua. Setiap daerah memiliki sambal khas yang tak hanya lezat dan pedas tetapi juga memiliki cita rasa khas yang tak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Ngomongin soal sambal, di Jawa Barat ada beraneka ragam sambal yang lezat dan pedasnya juara. Apa saja sambal khas Jawa Barat? Simak yang berikut ini.

Sambal Oncom

Sambal oncom merupakan sambal yang terbuat dari oncom. Sambal ini memiliki cita rasa gurih dan pedas yang khas. Adanya tambahkan bumbu seperti rempah kencur, daun kemangi dan bawang putih menjadikan sambal oncom memiliki rasa maupun aroma khas yang sangat menggugah selera.

Sambal Cibiduk

Sambal cibiduk merupakan sambal yang dibuat dari bahan mentah seperti cabai rawit, tomat hijau, bawang putih, kencur dan daun kemangi serta garam. Karena menggunakan bahan mentah, sambal ini memiliki rasa dan aroma pedas menyengat. Meski begitu, sambal ini sangat lezat dan cocok untuk teman makan ayam goreng, ikan goreng atau pun daging goreng.

Sambal Tomat dan Dua Lainnya

Sambal Dadak

Sambal dadak merupakan sambal khas Jawa Barat selanjutnya. Sambal dadak tidak memakai bawang di dalamnya. Bahannya hanya cabai rawit, tomat, garam, terasi dan gula merah. Agar rasanya semakin segar, tidak lupa diberi kucuran air jeruk sebelum sambal ini diulek atau dihaluskan.

Sambal Tomat

Sambal tomat menjadi salah satu sambal yang umum kita temukan seluruh Indonesia. Namun Sahabat Fimela, sambal tomat ternyata menjadi sambal khas Jawa Barat. Bahan untuk membuat sambal seperti cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih digoreng dulu sebelum dihaluskan bersama garam, gula dan terasi.

Sambal Terasi

Sambal terasi khas Jawa Barat terdiri dari dua jenis. Sambal terasi mentah dan terasi matang. Sambal terasi memiliki rasa yang khas dan menggugah selera serta gurih pedas. Agar lebih segar, sambal terasi khas Jawa Barat biasanya dikucuri jeruk nipis terlebih dulu sebelum diulek.

Itulah beberapa sambal khas Jawa Barat yang pedas dan lezatnya juara. Kalau Sahabat Fimela, suka sambal juga nggak nih? Apa sambal favoritmu?

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menyimpan Sambal Kacang Agar Awet dan Tahan Lama
Artikel Selanjutnya
Resep Sederhana Sambal Ijo Pedas Mantap