Sukses

Lifestyle

Menggugah Selera, Ini Makanan Indonesia yang Diadaptasi dari Makanan China

Fimela.com, Jakarta Sejak lama Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan kebudayaan yang mengesankan. Tak hanya budayanya yang berkesan, kuliner Indonesia pun sangat beragam dan mengagumkan. Ada banyak makanan lezat serta menggugah selera khas Indonesia. Namun nih ya, melansir dari laman brilicious.brilio.net, beberapa makanan lezat yang ada di Indonesia tersebut ternyata diadaptasi dari makanan China.

Inilah beberapa makanan Indonesia yang diadaptasi dari makanan China.

Nasi Goreng

Makanan pertama yang diadopsi dari makanan China adalah nasi goreng. Nasi goreng sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari nasi sisa. Bagi masyarakat China, daripada membuang sisa nasi yang masih bagus dan enak kualitasnya, mereka akan memasak kembali nasi tersebut jadi makanan yang lezat yakni nasi goreng. Setelah masuk ke Indonesia, nasi goreng ini mengalami perubahan rasa yang tentunya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Bakso

Makanan selanjutnya yang diadaptasi dari makanan China adalah bakso. Bak-so sendiri memiliki arti daging giling. Bakso di China umumnya terbuat dari daging babi giling. Dan setelah masuk ke Indonesia, daging untuk membuat bakso diganti menjadi daging sapi atau ayam karena menyesuaikan adat di sini.

2 dari 2 halaman

Lumpia dan Dua Lainnya

Mie Ayam

Mie ayam rupanya juga merupakan khas China. Makanan ini kemudian masuk ke Indonesia melalui para pedagang China yang datang ke Indonesia. Setelah masuk ke Indonesia, mie ayam mengalami banyak perubahan baik di rasa atau pun aromanya. Mie ayam di Indonesia telah disesuaikan dengan selera lidah masyarakat setempat.

Bakpia

Bakpia juga merupakan makanan yang diadaptasi dari makanan khas China. Di Indonesia sendiri, bakpia telah mengalami banyak perubahan terutama dalam hal isian. Di China, bak memiliki arti daging babi dan pia adalah kue. Bakpia adalah daging babi di dalam kue. Tapi di Indonesia, bakpia berisi kacang hijau, cokelat, keju dan masih banyak lagi menyesuaikan adat dan budaya masyarakat setempat.

Lumpia

Makanan selanjutnya yang juga diadaptasi dari makanan China adalah lumpia. Setelah mengalami perubahan, lumpia khas Indonesia ini tentunya memiliki cita rasa dan tekstur yang menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Itulah sedikitnya 5 makanan Indonesia yang diadaptasi dari makanan China. Selain makanan di atas, makanan lainnya juga diadaptasi dari makanan China antara lain adalah Bakpao, kwetiau, capcay, siomay, nasi tim, wedang ronde, batagor dan fuyunghai.

 

Artikel Selanjutnya
Sejarah Ayam Taliwang dan Perkembangannya di Nusantara
Artikel Selanjutnya
5 Olahan Ayam Goreng Khas Nusantara, Favoritmu yang Mana?