Sukses

Lifestyle

Tidak Sama, Berikut Perbedaan Leukimia dan Limfoma

Fimela.com, Jakarta Mungkin banyak orang yang menganggap kanker darah adalah leukimia. Nyatanya, kanker darah ada 3 jenis yaitu leukimia, limfoma dan mylemo. Lalu apa perbedaan leukimia dan limfoma yang sering dianggap sama?

Leukimia terjadi saat sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah putih yang tidak normal. Leukimia umumnya berkembang lambat. Selain itu leukimia memiliki tanda yang lebih mudah dideteksi dibandingkan limfoma.

Berbeda dengan leukimia, limfoma dipengaruhi dan bermula dari kelainan kelenjar getah bening. Limfoma memengaruhi sistem limfatik, yaitu sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh.

2 dari 2 halaman

Faktor Risiko Leukimia dan Limfoma

Leukimia banyak menyerang anak-anak, meskipun tidak mungkin juga dapat menyerang orang dewasa. Sementara limfoma umumnya menyerang orang yang sudah dewasa.

Faktor risiko pada leukimia dapat disebabkan kelainan genetik, riwayat keluarga, paparan zat kimia. radiasi, dan karena pola hidup yang tidak sehat. Sedangkan limfoma disebabkan infeksi virus Epstein-Barr (EBV), infeksi HIV, dan infeksi Helicobacter pylori kronis.

Dengan mengetahui perbedaan yang jelas antara leukimia dan limfoma maka akan memudahkan dalam upaya mengobatinya. Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Artikel Selanjutnya
Mengetahui Gejala Ketika Terserang Kanker Darah
Artikel Selanjutnya
Mengenal Kanker Darah dan Penyebabnya