Sukses

Lifestyle

Bintang Beasiswa untuk Pendidikan Perempuan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Perkembangan zaman yang kian berubah menuntur kaum perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan. Namun keterbatasan yang dimiliki menjadi halangan seperti dari faktor ekonomi, social culture, dan stereotip yang masih ada pada lingkungan masyarakat.

Sementara itu, perempuan layak mendapatkan pendidikan karena fungsinya yang sangat penting. Bukan hanya ilmu yang didapatkan, namun lewat jalur pendidikan formal membuat kaum wanita bisa bersosialisasi, membuka wawasan, dan membawa perubahan pada lingkungan sekitar.

Melhihat hal ini, brand kecantikan Fair & Lovely menghadirkan program Bintang Beasiswa yang dikhususkan untuk 50 perempuan Indonesia. Program ini merupakan kali ketiga dan menjadi program tahunan dari Fair & Lovely untuk mendukung pentingnya pendidikan untuk perempuan Indonesia.

"Pendidikan bagi perempuan sangat penting. Semua perempuan Indonesia layak mendapatkan pendidikan yang memadai. Kita ingin perempuan indonesia bisa melangkah lebih maju, meraih cita-cita, dan mencetak prestasi di masyarakat," kata Amaryllis Esti Head of Marketing Face Care Category PT Unilever Indonesia, kepada Fimela di Blue Jasmine Restaurant, Jakarta, Kamis (14/2).

Program beasiswa ini juga bisa membantu perempuan Indonesia mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Pendidikan yang tinggi juga menunjang perempuan dapat bersaing di dunia kerja.

"Industri kerja saat ini bukan hanya melihat kuantitas namun juga kualitas dan tingkat edukasi. Untuk itu kita perlu mempersiapkan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan industri kerja. Industri kerja membutuhkan sumber daya yang kreatif dan peka terhadap lingkungan sekitar," kata Mutiara Pratiwi Praktisi Ketenagakerjaan.

Pada tahun ketiganya, Bintang Beasiswa melengkapi program ini dengan sesuatu yang baru diantaranya pendaftaran mulai dilakukan secara online, cakupan diperluas tersebar hampir di seluruh wilayah indonesia. Selain itu juga pada tahun ini diberikan pendampingan selama pendidikan berlangsung seperti pemilihan karir hingga kesempatan magang.

 

2 dari 2 halaman

Syarat dan cara pendaftaran Bintang Beasiswa

Proses seleksi dan persyaratan dari program Bintang Beasiswa ini bekerja sama dengan Hoshizora Foundation. Kriteria peserta yang bisa lolos dan mendapatkan beasiswa juga dilihat dari banyak aspek diantaranya kondisi ekonomi, semangat dan cita-cita yang ingin diraih, serta keinginan untuk membangun daerah asal dan membawa perubahan bagi lingkungannya.

"Kami melihat dari banyak hal, mulai dari seleksi berkas kemudian ada interview, dan home visit. Pada proses-proses ini kami melihat goals mereka, semangat, dan kontribusi kepada sekitarnya. Jadi tidak hanya semata hanya karena faktor ekonomi semata namun juga kualitas diri peserta," kata Lintang Gustika Project Manager Hoshizora Foundation.

Pada event ini juga hadir Gita Gutawa sosok selebritas yang menginspirasi karena semangatnya dalam pendidikan. Perempuan cantik yang telah menyelesaikan pendidikan S2 dalam usia yang terbilang muda ini, membagikan kisah inspiratifnya, bagaimana pendidikan sangat penting bagi siapa saja, termasuk perempuan.

"Momen terberat saat dihadapkan dengan dua pilihan antara pendidikan dan bermusik. Aku meyakinkan diri bahwa pendidikan bisa membawa aku menjadi lebih baik, sehingga aku memprioritaskan pendidikan hingga kini menyelesaikan S2. Aku juga memilih jurusan yang nantinya bisa memberikan kontribusi besar untuk industri kreatif yang selama ini aku geluti," kata Gita Gutawa.

Artikel Selanjutnya
Dunia Berputar Begitu Cepat, tapi Kenapa Masih Sering Cemburu dengan Kebahagiaan Orang Lain?
Artikel Selanjutnya
Sekali Seumur Hidup, Jangan Lewatkan Mengunjungi 3 Destinasi Wisata Ini