Sukses

Lifestyle

Mengenal Jenis Jahe yang Mudah Ditemukan di Pasaran

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, jahe merupakan rempah yang memiliki segudang manfaat. Jahe juga bisa menjadi bumbu masakan untuk membuat masakan terasa lebih harum dan bebas bau amis. Jahe tidak jarang juga dimanfaatkan sebagai bahan minuman untuk dapatkan minuman hangat yang lezat nan berkhasiat.

Ngomongin soal rempah jahe, di pasaran ternyata ada beragam jenis jahe yang bisa kita temui. Adapun ragam jenis jahe tersebut antara lain sebagai berikut.

Jahe Putih atau Emprit

Jahe putih atau emprit memiliki ukuran cukup kecil. Rimpangnya pipih dengan serat yang lembut. Daging rimpangnya berwarna putih dengan aroma yang lembut dan harum. Meski aromanya lembut dan harum, rasa jahe ini cukup pedas. Biasanya, jahe ini digunakan untuk bumbu masak atau bahan minuman.

Jahe Gajah dan Jahe Merah

Jahe Gajah

Sesuai dengan namanya, jahe ini memiliki ukuran yang cukup besar. Jahe gajah juga memiliki rimpang yang lebih padat atau gemuk. Warna daging rimpangnya cenderung kekuning-kuningan sehingga tak sedikit orang yang menyebutnya sebagai jahe kuning. Untuk aroma, jahe gajah memiliki aroma yang khas dan cukup tajam. Tapi soal rasa, rasanya tak sepedas jahe emprit. Selain sebagai bumbu masak, jahe ini juga sangat cocok dijadikan bahan minuman atau aroma kue.

Jahe Merah

Jahe ini cukup langka jika dibandingkan dengan dua jenis jahe lainnya. Warna rimpangnya merah dengan daging rimpang berwarna kemerahan, berserat kasar dan ukurannya cukup kecil. Jahe merah biasanya dimanfaatkan untuk obat-obatan atau dimanfaatkan untuk membuat minyak atsiri.

Itulah beberapa jenis jahe yang mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput