Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Kopi Agar Aroma dan Rasanya Tetap Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Kopi merupakan salah satu bahan makanan atau minuman yang sudah tak asing lagi bagi kita semua. Gimana, Sahabat Fimela adalah pencinta kopi? Karena aroma dan rasanya yang begitu menggugah selera, tak sedikit orang yang menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya. Beberapa orang bahkan mengaku tak bisa fokus beraktivitas jika belum minum kopi.

Sebagai seorang pencinta kopi, harus tahu dong bagaimana cara menyimpan kopi agar aroma dan rasanya tetap berkualitas. Berikut cara menyimpan kopi agar aroma dan rasanya tetap berkualitas.

Membeli Kopi

Saat membeli kopi, usahakan untuk membeli kopi yang masih dalam bentuk biji. Kopi yang masih dalam bentuk biji dan disangrai serta dihaluskan sendiri agar memiliki rasa yang lebih lezat, aroma yang lebih wangi dan awet meski telah disimpan dalam waktu lama.

Simpan di Wadah yang Tepat

Pastikan untuk menyimpan kopi di wadah yang tertutup dan kedap udara. Toples yang tertutup rapat bisa menjadi pilihan tepat untuk menyimpan kopi. Simpan juga kopi di tempat yang bersih dan kering. Jauhkan pula kopi dari bahan makanan lain yang memiliki aroma menyengat.

Simpan Kopi Dalam Bentuk Biji

Simpan Kopi Dalam Bentuk Biji

Usahakan untuk menyimpan kopi dalam bentuk biji. Menyimpan kopi dalam bentuk biji ini akan membuat rasa dan aroma kopi tetap berkualitas. Dibandingkan dengan menyimpan kopi dalam bentuk bubuk, menyimpan kopi dalam bentuk biji bisa membantu kita dapatkan kopi yang lebih baik kualitasnya. Setelah biji kopi disangrai dan dingin, simpan di dalam wadah tertutup kedap udara. Jika ingin mengonsumsi, ambil secukupnya dan haluskan.

Batas Menyimpan Kopi

Sebaiknya, kopi tidak disimpan dalam waktu yang sangat lama lebih dari dua bulan. Semakin lama kopi disimpan, semakin menurun kualitas aroma dan rasanya. Menurut para ahli, batas maksimal menyimpan kopi yakni dua sampai tiga bulan.

Itulah cara menyimpan kopi agar aroma dan rasanya tetap berkualitas. Semoga cara atau tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading