Sukses

Lifestyle

Cara Memilih dan Menyimpan Daun Kemangi Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Selain sebagai pelengkap penting di sajian lalapan, daun kemangi juga menjadi salah satu bumbu dapur yang penting untuk mendapatkan masakan lezat, beraroma segar dan menggugah selera. Daun kemangi biasanya digunakan untuk menambah rasa sedap pada masakan pepes, bening, sup ikan, tom tam dan jenis-jenis masakan lain agar tidak berbau amis juga layu.

Mengingat daun kemangi yang punya banyak manfaat dan bisa membantu kita dapatkan masakan lezat nan menggugah selera, tak ada salahnya kan untuk menyimpan daun kemangi cukup banyak di rumah. Tapi ingat, sebelum menyimpan daun kemangi dalam waktu lama dan jumlah banyak, ada dua hal yang wajib diperhatikan. Hal tersebut adalah cara memilih dan menyimpan daun kemangi.

Memilih Daun Kemangi

Saat memilih dan membeli daun kemangi, pastikan bahwa daun kemangi tersebut masih segar dan kualitasnya bagus. Jangan memilih daun kemangi yang sudah layu apalagi kering. Pilih daun kemangi yang daunnya hijau segar dan teksturnya cukup tipis. Daun yang bertekstur tipis biasanya masih muda. Pilih juga daun yang tidak berlubang, keriting atau kering.

Menyimpan Daun Kemangi

Daun kemangi sebenarnya hanya bisa bertahan selama dua hari. Namun, jika daun kemangi bertahan lebih lama, Sahabat Fimela bisa menyimpannya di dalam lemari es. Sebelum dimasukkan ke lemari es, masukkan daun kemangi ke dalam kantong plastik.

Pisahkan daun yang masih layak dipakai dan sudah tidak layak. Potong bagian daun yang sudah tak layak dan membuangnya sebelum menyimpannya. Kita juga bisa menyimpan daun kemangi dengan cara memasukkan batangnya di dalam gelas berisi air kemudian menyimpannya di lemari es. Dengan menyimpan daun kemangi di lemari es, daun kemangi bisa bertahan hingga 1 minggu bahkan lebih.

Cara menyimpan daun kemangi yang sangat mudah bukan? Semoga tips dapur di atas bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading