Sukses

Lifestyle

4 Bumbu Dapur Pengganti Kecap Asin Agar Masakan Tumis Makin Lezat

Fimela.com, Jakarta Masakan tumis selama ini menjadi masakan andalan hampir semua orang. Cara membuatnya yang mudah dan proses memasaknya yang sebentar menjadikan masakan tumis jadi idola semua orang. Tak hanya itu saja, masakan tumis juga memiliki cita rasa khas yang menggugah selera. Ngomongin soal masakan tumis, salah satu bumbu yang seolah tak ketinggalan dari masakan ini adalah kecap asin.

Selain menambah rasa gurih pada setiap masakan tumis, kecap asin juga bermanfaat memberikan aroma sedap dan lezat yang khas. Namun, bagaimana jika kecap asin di rumah habis dan kita hendak memasak tumis? Tak perlu khawatir Sahabat Fimela, ada beberapa bumbu dapur pengganti kecap asin yang bisa membuat masakan tumis selalu memiliki rasa lezat dan aroma sedap. Bumbu dapur tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kecap Inggris

Bumbu dapur pertama sebagai pengganti kecap asin ada kecap inggris. Bumbu ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan tumis tetapi juga bisa digunakan untuk bumbu masakan panggang dan bakar. Untuk dapatkan aroma dan rasa yang lebih sedap, tambahkan sedikit lada dan garam ke dalam kecap asin yang hendak dijadikan penyedap masakan.

2. Saus Tiram

Bumbu dapur selanjutnya ada saus tiram. Saus tiram memiliki rasa gurih dan aroma sedap. Kita cukup menambahkan sedikit saus tiram ke masakan tumis jika ingin mendapatkan masakan yang lebih lezat dan sedap. Jangan lupa menambahkan bawang putih, lada dan garam secukupnya agar mendapatkan rasa masakan yang lebih mantap.

3. Kaldu Sapi Bubuk

Kaldu sapi bubuk juga bisa menjadi pengganti kecap asin. Namun, agar rasa kaldu sapi bubuk benar-benar mirip dengan kecap asin, kita perlu mencampurnya dengan cuka apel, molase (tetes tebu), jahe bubuk dan sedikit bawang putih serta lada atau merica.

4. Kaldu Sayuran Bubuk

Kaldu sayuran bubuk juga bisa menjadi pengganti kecap asin. Kaldu sayuran ini akan memberikan rasa lebih gurih serta aroma lebih sedap ke masakan yang kita buat. Agar kaldu sayuran memiliki rasa yang mirip dengan kecap asin kita perlu mencampurnya dengan air, cuka apel, molase, minyak wijen, garam, jahe bubuk dan lada atau merica.

Itulah beberapa bumbu dapur yang bisa dijadikan pengganti kecap asin agar masakan tumis kita di rumah memiliki rasa serta aroma yang lebih sedap pun mantap. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

Loading