Sukses

Lifestyle

5 Ide Camilan Enak untuk Meredakan Stres

Fimela.com, Jakarta Stres kadang tak bisa kita hindari. Meski begitu, kita bisa melakukan banyak hal untuk meredakan stres. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti olahraga, meditasi, berlibur, hingga makan. Nah, biasanya banyak dari kita yang melampiaskan stres yang kita rasakan melalui makanan atau camilan. Tapi kalau salah pilih makanan saat stres, dampaknya nanti malah jadi negatif.

Untuk itu, penting memilih jenis makanan atau camilan untuk meredakan stres. Ada beberapa jenis camilan yang cukup direkomendasikan untuk mengatasi stres, selengkapnya yuk simak infonya di sini.

1. Buah Pisang

Dilansir dari fitnessmagazine.com, Marilyn Tanner, RD dari American Dietetic Association menyebutkan pisang sebagai salah satu jenis camilan yang bisa bantu redakan stres. Hal ini karena buah pisang mengandung kalium dan vitamin B6 yang keduanya diyakini bisa bantu meredakan stres. Selain itu, karena saat sedang stres tubuh kita biasanya ingin makanan yang manis-manis, maka buah pisang yang memiliki cita rasa manis juga bisa camilan sehat dan sempurna untuk dikonsumsi ketika stres.

2. Kacang Kenari

Saat sedang stres, cobalah untuk menyiapkan semangkuk kacang kenari yang berisi sekitar 15 butir kenari untuk dijadikan camilan. Dikutip dari helloglow.co, kacang kenari kaya akan kandungan serat, protein, dan omega-3 fatty acid alpha-linolenic acid (ALA) yang memiliki kandungan anti radang. Mengonsumsi kacang kenari bisa bantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan daya ingat.

 

3. Ubi Kukus

Ubi jalar dan wortel bisa jadi camilan sehat untuk dikonsumsi bila ingin fokus dan rileks. Ubi jalar khususnya memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat memuaskan keinginan makanan yang manis-manis ketika stres. Setelah dikukus, ubi jalar bisa jadi camilan yang sempurna untuk dikonsumsi saat stres. Bisa juga kita tambahkan butter atau bubuk kayu manis untuk memperkaya rasanya.

4. Dark Chocolate

Cokelat bisa jadi pelarian yang pas untuk mengatasi stres. Tapi jenis cokelat yang baik untuk meredakan stres adalah dark chocolate atau yang minimal 70% mengandung cokelat asli. Kandungan dark chocolate yang disebut anadamide bisa meningkatkan mood dan bantu mengurangi kadar hormon kortisol dalam darah. Sehingga mengonsumsi dark chocolate bisa jadi cara paling ampuh untuk mengatasi stres. Dark chocolate yang dikomubinasikan dengan kacang almond juga bisa jadi sumber magnesium yang sangat bagus untuk mengatasi stres, sebab saat stres tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak magnesium.

 

5. Keripik Sayur

Aktivitas mengunyah sesuatu yang krispi bisa bantu meredakan tekanan dan stres. Camilan keripik biasanya yang paling kita cari saat sedang stres. Tapi untuk pilihan yang lebih sehat, coba pilih keripik sayur yang lebih bernutrisi. Keripik dengan kandungan garam sehat juga bisa bantu redakan stres karena bisa menstabilkan kadar sodium dalam tubuh yang sedang stres.

Teh herbal juga bisa dijadikan minuman sehat untuk dikonsumsi saat stres. Segelas teh hijau atau teh chamomile bisa dinikmati untuk membantu merilekskan atau menenangkan tubuh serta pikiran. Selain itu, pastikan porsi makannya juga tidak sampai berlebihan, ya. Buah-buahan segar seperti buah apel dan stroberi juga bisa dijadikan alternatif sehat sebagai camilan untuk meredakan stres.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading