Sukses

Lifestyle

Berbahan Tempe, 5 Ide Lauk Bekal Makan Siang Irit Penyelamat Tanggal Tua

Fimela.com, Jakarta Saat sudah tanggal tua, semuanya memang harus serba irit. Termasuk dalam urusan makanan. Menahan diri untuk tidak makan ke restoran atau kafe. Sebisa mungkin membawa bekal sendiri dari rumah. Kita pun bisa membuat bekal yang enak dari bahan tempe dan pastinya nggak bikin kantong bolong.

Ada banyak resep yang bisa dicoba untuk membuat menu berbahan tempe yang cocok untuk dijadikan bekal makan siang. Seperti sejumlah menu berikut ini. Praktis dibuatnya, enak rasanya, dan pastinya sangat ramah di kantong.

1. Tumis Tempe Saus Tiram

Tumis tempe saus tiram ini sangat mudah dibuat. Bahkan tak butuh waktu lama untuk membuatnya. Bumbu yang dipakai pun merupakan bahan-bahan dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, merica, kecap, dan saus tiram. Kalau ingin cita rasa yang lebih pedas untuk menggugah selera bisa tambahkan cabai rawit sesuai selera.

2. Tempe Bacem

Tanpa air kelapa, kita bisa membuat tempe bacem yang enak untuk dibawa untuk bekal makan siang. Kalau sudah bosan dengan tempe goreng yang itu-itu saja, tempe bacem bisa jadi alternatif yang paling pas. Tempe bacem juga bisa dibuat untuk melengkapi bekal makan siang anak. Atau kalau kita sendiri sedang bokek tapi tetap butuh asupan protein yang cukup untuk mendapatkan energi yang cukup untuk bisa kembali beraktivitas pada siang hari, tempe bacem bisa jadi menu bekal makan siang yang cocok.

3. Tempe Mendoan

Tempe mendoan bisa jadi kudapan, bisa juga jadi lauk untuk makan siang. Kalau perut sudah sangat lapar, makan siang dengan nasi putih dan tempe mendoan sudah cukup mengenyangkan. Biar lebih sedap bisa dinikmati dengan sambal kecap atau cabai rawit. Cukup hemat, bukan?

4. Kering Tempe Kecap

Menu yang satu ini bisa tahan cukup lama. Kering tempe kecap bahkan bisa kita buat pada malam hari sebelumnya, sehingga pada pagi hari kita bisa tinggal menghangatinya sebentar untuk dikemas dan dibawa jadi bekal makan siang. Kering tempe dengan irisan cabai hijau bisa jadi penyelamat tanggal tua.

5. Lodeh Tempe

Ingin bekal makan siang yang berkuah santan? Bisa coba bikin lodeh tempe ini. Pakai bumbu sederhana, potongan tempe, dan santan, kita bisa membuat lauk yang cukup mengenyangkan untuk dinikmati saat maka siang. Ditambah irisan buah tomat dan cabai bisa membuat rasanya makin sedap.

Ada banyak kreasi menu dan lauk yang bisa dibuat dari tempeĀ  untuk bekal makan siang. Jadi, sekarang kira-kira mau bikin lauk untuk bekal makan siang berikutnya?

;
Loading