Sukses

Lifestyle

5 Donat Paling Enak yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bikin donat yang empuk ternyata tidak terlalu sulit, kok. Ada sejumlah resep donat yang cukup mudah untuk kita coba sendiri. Kita pun bisa membuat berbagai kreasi untuk mendapatkan donat yang enak.

Ada beberapa jenis donat paling enak yang bisa dibuat sendiri di rumah. Bila punya waktu luang atau sedang ingin membuat kreasi donat sendiri di rumah, ada sejumlah resep yang bisa langsung dicoba nih. Yuk, simak rekomendasinya di sini.

1. Donat Kentang Isi Cokelat

Donat kentang isi cokelat ini favorit banget, deh. Menggunakan kentang yang dikukus, kita bisa membuat donat yang empuk dan lebih padat. Dengan isi cokelat atau meses, donat ini bakal jadi favorit anak-anak juga. Pastikan bahan biang yang digunakan dalam kondisi baik agar donat bisa mengembang sempurna.

2. Donat Maizena

Tak banyak yang tahu kalau donat juga bisa dibuat dari tepung maizena. Kita bisa membuat donat maizena dengan mencampurkan sekitar 1 sdm tepung maizena pada 250 gram tepung terigu dan bahan-bahan lainnya. Proses pembuatannya kurang lebih sama seperti pembuatan donat pada umumnya. Cuma memang penambahan tepung maizena ini bisa memberi tekstur sendiri dan hasilnya donat bisa lebih lembut.

 

3. Donat Ketan Korea

Kalau pernah jalan-jalan ke Korea, mungkin pernah juga menjumpai donat ketan ini. Kue donat ketan Korea sepintas tampai seperti roti goreng di Indonesia, hanya saja punya cita rasa sendiri. Bahan-bahan yang digunakan, antara lain tepung ketan, tepung terigu, air, gula pasir, baking powder, dan garam. Gula halus bisa digunakan sebagai bahan taburan.

4. Donat Gula Palem

Donat gula palem ini bisa jadi teman minum teh atau minum kopi yang sempurna. Bahan dan proses pembuatannya hampir sama dengan donat biasa. Cuma yang membuatnya istimewa adalah taburan gula palem yang meningkatkan cita rasa manisnya yang makin istimewa. Taburan kayu manis bubuk pun membuat aromanya makin wangi.

 

5. Donat Empuk Tanpa Kentang

Tanpa kentang, kita juga bisa membuat donat empuk. Dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi, gula pasir, telur, susu bubuk, air hangat, ragi instan, mentega, dan garam kita bisa membuat donat empuk di rumah. Adonan pun tak perlu terlalu lama diuleni. Asalkan ragi yang digunakan masih dalam kondisi bagus dan mengembang serta semua bahan tercampur rata dan kalis, kita bisa bikin sendiri donat empuk di rumah.

Nah, sekarang kira-kira mau coba bikin donat yang mana dulu, nih? Membuat sendiri donat yang tak kalah enak yang dijual di restoran ternama ternyata sangat bisa dilakukan, lho.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading