Sukses

Lifestyle

Ini Akibat Memotong Kuku Terlalu Pendek

Fimela.com, Jakarta Menjaga kebersihan kuku memang suatu kewajiban, baik kebersihan kuku tangan maupun kaki. Tidak melulu harus melakukan treatment menicure dan pedicure di salon, merawat kuku pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah di rumah.

Merawat dan menjaga kuku agar tetap bersih bisa dimulai dengan memperhatikan benda atau hal apapun yang kita pegang dipastikan steri dan yang paling mudah dilakukan yaitu menggunting kuku.

Menggunting kuku memang menjadi kewajiban, namun jangan sampai memotongnya terlalu pendek, kuku yang dipotong terlalu pendek bisa menimbulkan infeksi dan beberapa akibat penyakit, salah satunya yaitu:

1. Cantengan

Cantengan merupakan kondisi dimana kuku tumbuh menusuk ke dalam daging. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kuku yang permukaannya cenderung datar dan lebar. Namun, cantengan juga kerap dialami oleh orang yang kukunya tidak rata karena terlalu sering dipotong terlalu pendek.

2. Pertumbuhan kuku tidak sempurna

Jika kamu memotong kuku terlalu pendek, ditakutkan pertumbuhan kuku selanjutnya akan menusuk ke area dalam kulit sehingga dapat menimbulkan infeksi di sekitar kuku. Maka, disarankan untuk menyisakan sedikit kuku pada waktu kamu memotong kuku.

3. Infeksi pada daging kuku

Dengan memotong kuku terlalu pendek, daging pada kuku biasakan akan terlihat memerah, bengkak dan terasa nyeri. Kemungkinan besar jari kamu mengalami infeksi bakteri akibat benda asing yang masuk.

Loading
Artikel Selanjutnya
Meghan Markle Bisa Ikutan 10 Tren Kecantikan Terlarang Keluarga Kerajaan
Artikel Selanjutnya
Rahasia Kuku Tetap Sehat Setelah Pakai Fake Nails