Sukses

Lifestyle

Bukan untuk Melangsingkan, Sauna Justru Bermanfaat Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Usai berolahraga di gym atau kelas olahraga, menghabiskan waktu sejenak di dalam ruang sauna memang nikmat. Meskipun keringatan dan terasa panas, sauna dapat mengurangi rasa sakit pada otot usai berolahraga. 

Banyak orang yang melakukan sauna beberapa kali seminggu. Mereka menganggap, panasnya ruang sauna dan uap dapat membakar lemak di tubuh. Sehingga, badan akan lebih cepat langsing. 

Namun, benarkah sauna dapat melangsingkan? Dilansir dari Women's Health Magazine, belum ada bukti secara sains yang gamblang apakah sauna dapat benar-benar membakar lemak tubuh. Panas uap di dalam sauna memang dapat membuat keringatan, tetapi bisa saja sauna hanya mengeluarkan cairan dari dalam tubuh, bukan membakar lemak seperti kardio dan olahraga lainnya. 

Namun, sauna tetap memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Sauna, tulis Women's Health Magazine, menggunakan pemanas yang berasal dari kayu, gas, atau juga listrik serta teknologi infrared. Sehingga menghasilkan panas ruangan antara 82-90,5 derajat celcius, dengan kelembaban yang rendah. 

Jauh dari Penyakit Jantung

Meski tidak membakar lemak, sauna ternyata dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan kesehatan kardiovaskular. Dilansir dari Women's Health Magazine, orang-orang yang menggunakan sauna secara berkala, minimal  kali seminggu selama 20 menit, memiliki risiko terkena serangan jantung yang lebih rendah. 

Bukan hanya itu, sauna juga ternyata dapat menjauhkanmu dari penyakit lain yang berhubungan dengan saraf dan jantung. Seperti stroke dan demensia. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading