Sukses

Lifestyle

3 Cara Membersihkan Kacamata yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Bagi para penderita gangguan jarak pandang, kacamata adalah penyelamat. Kapan pun di manapun hampir pasti selalu butuh kacamata demi kenyamanan penglihatan, karena itu kacamata juga harus dirawat dengan tepat.

Kacamata bukan barang yang bisa mudah dipakai lalu ganti setiap hari. Umumnya satu kacamata dipakai 6-12 bulan bahkan lebih, dan selama masa pemakaian tersebut kacamata harus dijaga agar selalu nyaman dipakai, terutama kebersihannya.

Kacamata yang kotor akan mengganggu pandangan, ditambah jaraknya yang dekat dengan mata akan berisiko membuat mata iritasi. So, pastikan kamu membersihkannya dengan cara ini:

1. Bersihkan dengan cairan pembersih

Cairan pembersih kacamata ini bisa didapatkan di optik. Ada berbagai ukuran yang tersedia, tapi lebih baik kamu beli dalam dua ukuran yakni ukuran sedang untuk disimpan di rumah, dan ukuran kecil untuk dibawa ke mana-mana.

Caranya cukup semprotkan cairan tersebut ke lensa, lalu lap dengan lap khusus kacamata. Ini ampuh untuk membersihkan kacamata yang super kotor karena berminyak akibat bersentuhan dengan kulit ataupun berdebu.

2. Gunakan sabun cair

Sabun cair yang biasa kamu gunakan untuk mandi atau sabun cuci piring juga bisa dipakai membersihkan kacamata. Caranya, basahi seluruh permukaan lensa dengan air, tuang sedikit sabun lalu gosok dengan jari.

Selanjutnya, bilas kacamata sampai bersih lalu keringkan dengan lap khusus kacamata.

3. Bawa ke optik

Jika ada waktu atau kebetulan sedang lewat optik, mampir lah untuk membersihkan kacamata. Tidak memakan waktu lama, kok! Membersihkan kacamata di optik juga akan lebih optimal karena biasanya mereka pakai alat pembersih ultrasonik, sehingga seluruh bagian kacamata akan lebih bersih.

Jangan pakai sembarang kain untuk membersihkan kacamata dan simpan di tempat khusus kacamata untuk menghindari terjadinya goresan pada lensa.

Loading