Sukses

Lifestyle

5 Sajian Sedap dengan Daun Kemangi yang Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Daun kemangi bisa ditambahkan dan dicampurkan ke berbagai jenis makanan. Kemangi sendiri memiliki aroma yang khas. Aroma daunnya kuat tapi ada sentuhan lembut seperti aroma limau. Tak heran bila ada banyak sajian yang sangat mengandalkan kemangi untuk memperkuat rasa dan aromanya.

Selain bisa memperkuat aroma masakan, daun kemangi juga bisa memberi banyak manfaat bila dikonsumsi. Salah satu manfaat mengonsumsi daun kemangi adalah bisa mengatasi perut kembung, maag, masuk angin, dan masalah usus. Berikut beberapa sajian sedap dengan daun kemangi yang bisa coba dibuat sendiri di rumah. Yuk, simak selengkapnya di sini.

1. Tumis Ayam Kemangi Kacang Panjang

Tumis ayam kemangi kacang panjang ini merupakan menu yang mudah dibuat. Rasanya pun sangat sedap. Cocok untuk dijadikan lauk sehari-hari di rumah dan pas juga dibuat lauk bekal anak atau bekal suami. Bumbu yang dipakai pun tergolong sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, kecap asin, saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan merica. Bisa langsung coba buat sendiri di rumah.

2. Cumi Daun Kemangi

Bingung mau membuat olahan apa dari cumi-cumi? Bisa coba bikin cumi daun kemangi ini. Pakai bumbu tumis bawang bombay, bawang putih, dan paprika kita bisa membuat cumi daun kemangi yang enak. Tekstur cumi yang lembut dan kenyal makin pas dinikmati dengan aroma khas daun kemangi yang menggugah selera

3. Pepes Ayam Kemangi

Daun kemangi juga cocok dicampurkan ke aneka menu pepes. Salah satunya adalah pepes ayam kemangi. Pakai bumbu halus bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai merah, cabai rawit, dan kunyit, kita bisa membuat pepes ayam yang lezat. Untuk membuat aromanya lebih kuat, selain pakai daun kemangi kita bisa juga menambahkan daun salam, serai, dan lengkuas.

 

4. Ceker Setan Kemangi

Ceker setan kemangi ini memiliki cita rasa pedas yang kuat. Meski begitu, rasanya pun tetap sedap dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, gula, dan kaldu ayam. Jumlah cabai rawit dan cabai merah pun bisa disesuaikan dengan selera. Kombinasi daun salam, daun jeruk, dan daun kemangi serta sera, jahe, dan lengkuas membuat olahan ceker ini jadi makain kaya aroma.

5. Tongkol Suwir Kemangi

Tongkol suwir kemangi ini rasanya nendang banget. Daun kemangi yang dipakai bisa bantu menghilangkan bau amis ikan tongkol. Menu tongkol suwir kemangi ini juga pas dijadikan lauk bekal makan siang. Apalagi kalau dibuat super pedas dengan menggunakan banyak cabai rawit, wah bakal nedang banget deh rasanya.

Berbagai sajian dan menu bisa dibuat makin lezat dan menggugah selera dengan menambahkan daun kemangi. Kira-kira bakal tertarik mau membuat menu yang mana dulu, nih?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading