Sukses

Lifestyle

Mengintip Beragam Instalasi Seni Italia Bertema Sains di Museum Nasional

Fimela.com, Jakarta Memperingati 70 tahun hubungan diplomatik bilateral antara Republik Italia dan Republik Indonesia, kedutaan besar Italy menyiapkan serangkaian acara yang akan berlangsung sepanjang tahun.

Rangkaian acara pin dimulai dengan pameran ‘Italy: The Beauty of Knowledge’, di Museum Nasional. “Kami dengan bangga mempersembahkan kontribusi penelitian dan inovasi hingga penemuan baru dari Italia yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat baik lokal maupun global,” ujar Vittorio Sandalli, Duta Besar Italia untuk Indonesia.

‘Italy: the Beauty of Knowledge’ merupakan sebuah pameran instalasi seni yang dipromosikan dan dibiayai oleh Italian Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation dan dikoordinasikan oleh National Research Council, serta menampilkan koleksi dari empat museum ilmu pengetahuan Italia: Fondazione Idis-Città della Scienza di Naples; Museo Galileo Galilei di Florence; Museo delle Scienze - Muse di Trento; dan Museo Nazionale Scienza e Tecnologia Leonardo da Vinci di Milan.

Pameran ini akan menghadirkan pengalaman yang menarik dan emosional, serta sebuah kesempatan untuk mempelajari keunggulan penelitian sains dan teknologi yang dilakukan di Italia.

Tujuan pameran

Dr. Nicola Bianchi, Scientific Attaché dari Kedutaan Italia di Singapura, menjelaskan, pameran ini bertujuan untuk menampilkan aspek non-tradisional, kreatif, dan dinamis yang membentuk sistem penelitian Italia dan menggabungkan pengetahuan dengan tradisi artistik serta gaya hidup masyarakat Italia dan art of well-being (seni kesejahteraan/kesehatan).

Melalui kelima tema pameran, ‘Renaissance Spirit' merupakan komponen yang penting dan signifikan dari penelitian dan inovasi masa lalu dan masa kini di Italia, dan sebagai model budaya yang akan disebarluaskan ke seluruh dunia." Dr. Carla Giusti dan Dr. Luca Mosele, kurator pameran, menambahkan, dalam pameran ini, pengunjung akan merasakan pengalaman ruang interaktif yang menggabungkan komponen virtual dan fisik untuk menampilkan kedinamisan dan keindahan perjalanan pengetahuan dan penelitian yang dilakukan di Italia.

“Pameran ini akan membawa para pengunjung ke dalam sebuah pengalaman multisensori di sepanjang ruangan serta menampilkan pemutaran film tentang keindahan pengetahuan yang disutradarai oleh Stefano Incerti,” paparnya.

'Italy: The Beauty of Knowledge' berkonsep paviliun dengan luas 400 meter persegi dan ketinggian 5,5 meter. AGORA, sebuah ruang melingkar yang dibangun dengan balok-balok bangunan berdiameter 8 meter dan tinggi 4,50 meter, akan menjadi pusat perhatian pengunjung dalam pameran ini dengan keindahan struktur uniknya. Instalasi pameran ini memberikan visualisasi akan perjalanan Italia dalam mengekspresikan keunggulan ilmiah di beberapa sektor yang berbeda, mencakup 5 tema utama: Health, Environment, Space, Food and Nutrition, serta Cultural Heritage.

Instalasi yang ditampilkan dalam paviliun meliputi pengamatan ruang, studi anatomi, inovasi di bidang instrumen ilmiah, penelitian pertanian-pangan, dan lingkungan. Pengunjung dapat menikmati pengalaman luar biasa ini pada pukul 08.00 - 17.00 WIB, pameran ini pun akan berlangsung mulai dari 6 hingga 31 Maret 2019.

Informasi lebih lanjut dapat mengakses situs www.italy-thebeautyofknowledge.it/

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading