Sukses

Lifestyle

Alasan Kombucha Bukan Hanya Menjaga Kesehatan Tetapi Juga Menyembuhkan

Fimela.com, Jakarta Bagi siapa pun yang menggemari gaya hidup sehat, pasti sudah tidak lagi asing dengan kombucha. Minuman sehat ini sudah sejak lama menjadi tren mengalahi smoothie yang juga tidak kalah menyehatkan. 

Kombucha sebenarnya adalah teh. Namun, apa yang menjadikannya sangat istimewa? Kombucha, dilansir dari Women's Health Magazine, merupakan campuran dari black dan green tea serta gula yang terfermentasi dengan bantuan SCOBY. Atau, symbiotic colony of bacteria and yeast. 

SCOBY merupakan segumpal bakteria hidup yang akan muncul pada permukaan campuran teh dan berubah menjadi minuman berkarbonasi. Maka tak heran, kombucha menjadi begitu terkenal dan banyak digemari. Selain menyehatkan, minuman ini ternyata juga nikmat. 

Namun ternyata kombucha yang mengandung bakteria hidup ini bukan hanya dapat memelihara kesehatan. Tetapi juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti yang sudah disebutkan, kombucha mengandung SCOBY yang baik untuk pencernaan. 

Bakteria hidup di dalamnya mampu memerangi bakteria jahat di dalam tubuh. Sehingga, dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang timbul akibat bakteria jahat seperti gangguan pencernaan, serta darah tinggi atau darah rendah. 

2 dari 2 halaman

Melindungi dan Mengobati Kanker

Kombucha juga kaya akan polyphenols, sebuah zat anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Serta dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. 

Zat ini juga dapat menjaga tubuh dari berbagai jenis kanker. Juga penyakit kardiovaskular. Kandungan flavonoids di dalam teh ini juga dapat menurunkan risiko terkena kanker. Jadi, mulai sekarang jangn lupa untuk rajin mengonsumsi kombucha demi terhindari dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. 

Loading