Sukses

Lifestyle

3 Tanda Kayu Manis Sudah Tak bisa Dipakai Lagi

Fimela.com, Jakarta Meskipun termasuk rempah-rempah kering yang notabene awet disimpan dalam jangka waktu lama, namun kayu manis juga bisa mengalami kadaluarsa jika tidak disimpan dengan tepat. Tapi bagaimana cara menandai kayu manis sudah tidak layak pakai? Ini sekian hal yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya. 

1. Mencium baunya

Cara pertama adalah mencium baunya. Umumnya kayu manis memang tidak mengeluarkan bau yang sangat menyengat, namun cukup bisa dibedakan apakah masih segar atau sudah lama dari aromanya sudah menghilang. Apalagi jika baunya sudah tengik atau apek, lebih baik tidak digunakan lagi.

2. Lihat warnanya

Warna kayu manis memang terbilang tidak banyak berubah seiring waktu. Namun jika kayu manis berubah warna keabu-abuan atau menghitam, dan tampak mencurigakan karena disertai bau lain selain bau wangi kayu manis, lebih baik jangan dipakai.

3. Muncul jamur

Karena wadah penyimpanan yang kurang kedap udara atau terlalu lama disimpan dalam suhu lembap, kayu manis bisa berjamur dan kehilangan kualitasnya. Segera buang jika sudah seperti ini. Tapi jika masih ada bagian yang baik dan masih berbau harum, bisa dipotong bagian jeleknya saja dan gunakan yang masih bisa dipakai.

Itu sekian hal yang bisa ditandai dari kayu manis apakah masih layak pakai atau tidak. 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim