Sukses

Lifestyle

Dana Siaga Apa Saja sih yang Perlu Disiapkan Cewek?

Fimela.com, Jakarta Money can’t buy happiness. Walau dianggap tak mampu membuatmu bahagia, keberadaan uang sebagai dana siaga itu nggak bisa diremehkan begitu saja. Setiap hari, kita dihadapkan dengan berbagai kebutuhan darurat, mulai dari renovasi rumah yang bocor saat musim hujan, biaya tambahan untuk sekolah anak, hingga pengobatan untuk keluarga yang sakit.

Jangan sampai kondisi mendadak ini membuatmu bingung karena kekurangan dana dan bingung mencari pinjaman mendadak. Tidak ada salahnya bersiap sejak dini, dengan beberapa dana siaga untuk kondisi darurat seperti berikut ini.

Perbaikan Kendaraan

Memiliki kendaraan sendiri memang membuatmu lebih fleksibel dalam bepergian, namun kamu harus siap jika sewaktu-waktu membutuhkan perbaikan. Mulai dari hal-hal kecil seperti mengganti lampu yang mati, servis tahunan, hingga memperbaiki bagian mesin yang biayanya cukup bikin shock. Jangan biarkan aktivitas terganggu gara-gara kendaraan yang tinggal terlalu lama di bengkel, miliki dana siaga untuk mengatasi kekurangan dana.

Renovasi Rumah

Musim hujan sering bikin siapa pun khawatir dengan kondisi rumah yang tiba-tiba mengalami bocor. Akhirnya, terpaksa mengeluarkan uang untuk memperbaiki kerusakan rumah agar tetap dapat ditempati dengan nyaman. Jika punya dana siaga untuk renovasi rumah mendadak, tidak perlu bingung lagi mencari pinjaman atau mengambil tabungan untuk membayar tukang dan bahan bangunan.

Biaya Berobat

Penyakit tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Begitu juga kecelakaan fisik yang mengharuskanmu untuk berobat ke dokter maupun rumah sakit. Biaya yang terkadang tak sedikit tentunya menambah beban pikiran jika harus mencari pinjaman uang. Untungnya, punya dana siaga yang sudah disisihkan ke rekening tersendiri, sehingga tak perlu bingung lagi saat ada anggota keluarga yang harus diobati.

Pengeluaran Tak Terduga Lainnya

Selain kondisi mendadak di atas, terkadang kamu dihadapkan pada pengeluaran tak terduga lainnya. Mulai dari biaya sekolah, kehilangan atau berkurangnya sumber penghasilan, atau membantu keluarga atau kerabat yang membutuhkan. Miliki dana siaga yang ditabung ke dalam rekening yang terpisah atau simpan di rumah, sehingga siap digunakan saat sewaktu-waktu ada keperluan mendadak.

Baik sebagai wanita karir atau ibu rumah tangga, dana siaga mutlak diperlukan. Caranya dengan melakukan perencanaan keuangan yang tepat, mulai dari mengatur pengeluaran, tabungan, hingga berinvestasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengelola pemasukan dengan lebih baik untuk mewujudkan kondisi keuangan yang lebih aman dan stabil.

Tidak perlu bingung, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia. Ada beragam produk keuangan yang ditawarkan, mulai dari investasi emas, reksa dana, gift card, kartu kredit, hingga pinjaman online. Selain punya banyak pilihan, manfaatkan Maret Mantap Tokopedia yang memberikan cashback hingga Rp100 ribu. Jangan lewatkan penawaran menarik ini, temukan informasi selengkapnya dengan klik di sini. (eth)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Trik Mengangkat Sel Kulit Mati untuk Wajah Glowing, Awali dengan Membersihkan Wajah
Artikel Selanjutnya
Foodies Alert, Ini Pilihan Makanan Halal dengan Cita Rasa Korea Banget