Sukses

Lifestyle

Alasan Oats Sangat Baik untuk Menu Sarapan Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Karena pengaruh budaya barat, banyak menu makanan sehat yang bisa diadaptasi, salah satunya adalah oatmeal. Banyak orang memilih oats sebagai sarapan karena dinilai lebih ringan dimakan di pagi hari seperti bubur.

Tapi seberapa sehat sarapan oats di pagi hari menurut banyak ahli? Dikatakan Shengmin Sang, seorang profesor food science and human health dari North Carolina A&T State University yang meneliti nutrisi oats, bahwa berdasarkan banyak bukti, makan biji-bijian oats sangat baik untuk kesehatan.

Makan oats mampu mencegah diabetes dan menurunkan kadar koletserol, yang mana bisa mencegah penyakit kardiovaskuler. Beberapa penelitian menemukan bahwa oats juga memiliki efek anti-inflamasi yang mampu mencegah timbulnya penyakit kronis.

Serat adalah komponen utama paling sehat yang dimiliki oats. Bukan hanya membantu pencernaan lancar, tapi juga membantu melambatkan proses makanan sehingga perut kenyang lebih lama dan menghambat reaksi insulin yang tinggi, seperti diungkap Joanne Slavin, profesor food science and nutrition dari University of Minnesota dalam TIME.

Dengan kata lain, sarapan oats bisa menjaga gula darah sehat karena mengurangi pelepasan insulin. Untuk beberapa orang yang lebih suka makanan citarasa Indonesia, mungkin tidak terbiasa sarapan oats, tapi sesekali mencobanya juga tidak masalah lho karena ternyata manfatnya sangat besar untuk kesehatan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Keunikan Asia Hadir di Canggu
Artikel Selanjutnya
Tidak Hanya Penggunaan Skincare, Ini Makanan Wajib untuk Kulit Bersinar