Sukses

Lifestyle

4 Tahapan yang Harus Dilalui Agar Benar-Benar Move On dari Hubungan Percintaan

Fimela.com, Jakarta Berakhirnya sebuah hubungan tidak pernah mudah. Akan selalu ada rasanya sakit dan berat yang membekas yang membuat kita tidak mudah move on.

Hal yang normal dan natural jika seseorang merasa terpuruk dan amat sedih pasca berakhirnya hubungan. Terlebih jika mantan pasangan merupakan orang yang begitu dicintai. Menurut penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, rata-rata seseorang akan menghabiskan waktu selama 11 minggu untuk merasa lebih baik setelah hubungan berakhir.

Ahli percintaan Ammanda Major pun menjelaskan empat tahap untuk seseorang bisa move on dari hubungan lamanya, seperti dikutip dari The Independent pada Senin (18/3/2019).

1. Luangkan waktu untuk berduka

Tidak sedikit orang yang merasa seolah-olah mereka mati setelah putus cinta. Sulit memang membayangkan untuk melanjutkan hidup tanpa orang yang kita sayang. Namun penting untuk menerima kenyataan baru ini sebelum bisa melanjutkan hidup.

Periode kesedihan ini bisa tetap sibuk dengan hal-hal lain dan orang-orang di sekitar. Sembari terus melakukan refleksi diri yang membuat hubungan berakhir. Dari situ kamu akan menemukan satu dua hal yang bisa menjadi pelajaran ketika hendak menjalani hubungan di masa depan.

2. Berdamai dengan diri sendiri

Ketika menjalani hubungan, fokus utamanya adalah "kita". Namun ketika hubungan berakhir, fokusnya pun berubah menjadi "aku" dan "kamu". Meski terdengar klise, akhir suatu hubungan menawarkan kesempatan untuk berhubungan kembali dengan diri sendiri.

Bisa dimulai dengan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa lebih baik, seperti meluangkan waktu bersama kelurga, menemukan bakat baru, atau pergi berlibur. Fokus pada diri sendiri artinya mengembalikan kesadaran diri yang telah hilang.

 

Tahapan ketiga dan keempat

3. Jangan takut meminta bantuan

Tidak mudah memang menjalani proses berduka setelah hubungan berakhir. Daripada terus menerus fokus pada hal yang salah, lebih baik fokus pada hal-hal yang membuar diri kamu lebih baik. Jika merasa kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi teman yang bisa diajak bicara. Sehingga kamu mendapatkan perspektif dari luar yang mungkin bisa membantu.

4. Sembuh berdasarkan waktu

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa perasaan sakit hati akan berkurang seiring berjalannya waktu. Mengandalkan waktu untuk bisa benar-benar move on memang relatif. Bergantung pada setiap orang ketika menghadapi perasaan negatif yang menyerang hatinya begitu mengingat soal hubungan yang sudah berakhir. Jangan sampai pikiran negatif ini akan terus ada ketika hendak memulai hubungan baru.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tanda Hubungan Cinta Mengalami Krisis Kepercayaan
Artikel Selanjutnya
Jangan Banyak Berharap, 3 Zodiak Ini Tidak Pernah Serius Jalani Kencan