Sukses

Lifestyle

Bolehkah Berolahraga Saat Demam dan Sakit?

 

Fimela.com, Jakarta Penggemar olahraga atau gym rat, pantang menyerah untuk beristirahat di rumah. Bahkan sekalipun sedang tidak enak badan, atau sakit. Padahal, kamu tentunya merasa tidak enak badan dan kadang lemas karena sakit. 

Meskipun begitu, kamu yang sangat menggemari olahraga kadang memaksakan diri untuk datang ke gym atau melakukan jogging seperti biasa. 

Walaupun bisa dan tidak pingsan, apakah boleh berolahraga? Bagaimana dampaknya bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari Women's Health Magazine, sebnarnya olahraga masih boleh dilakukan ketika sakit. 

Tetapi, menurut dokter olahraga di Baltimore’s Mercy Medical Center, Jessalyn Adam, MD, sebaiknya tidak memaksakan diri. Meskipun masih kuat, tetapi ada beberapa gejala yang muncul menjadi tanda kalau sebaiknya beristirahat beberapa hari dari berolahraga seperti biasa. 

 

Neck Rule

Jessalyn mengatakan, untuk mengetahui apakah boleh melakukan olahraga saat sakit bisa dilihat dari neck rule. Jika gejala yang muncul terasa dari tenggorokan ke atas, kamu masih diperbolehkan untuk berolahraga bahkan pergi gym sekalipun. Namun jika gejala yang muncul terasa dari leher ke bawah, sebaiknya beristirahat dulu hingga sembuh. 

Contohnya, kamu boleh saja berolahraga kalau pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Tapi, jangan berolahraga jika mengalami batuk, napas pendek dan tersengal, nyeri otot, dan napas tersumbat. 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menurunkan Demam Tinggi pada Anak dan Orang Dewasa tanpa Obat, dengan Cepat secara Alami
Artikel Selanjutnya
Efektif Lepaskan Stres, Ini 7 Olahraga yang Bisa Membuatmu Happy