Sukses

Lifestyle

Agar Mendoan Tak Terlalu Berminyak, Begini Cara Membuatnya

Fimela.com, Jakarta Gorengan yang satu ini memang selalu berhasil mencuri hati para penggemar kuliner. Yup, tempe goreng ala Purwolerto ini selalu jadi camilan favorit banyak orang. Nah, tempe ini juga bisa dijadikan lauk makan bersama sambal kesukaan.

Berikut ini ada tips untuk membuat mendoan yang tak berminyak banyak. Seperti apa sih? Intip di sini yuk.

  • Yang pertama pastikan tempe yang dipakai tipis. Mendoan memang menonjolkan tepung yang tebal dan basah. Karena itu potong tempe dengan tipis.
  • Agar tidak terlalu berminyak tepungnya, pilih tepung protein rendah atau sedang untuk mendoan. Tepung ini juga tak akan membuat mendoan jadi alot. Bisa juga menambahkan tepung beras dengan takaran 3:1 untuk terigu dan tepung beras.
  • Adonan tepung dan air untuk menggoreng mendoan haruslah pas. Tidak terlalu kental dan tak terlalu encer. Caranya adalah dengan menuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk untuk mengecek kekentalan adonan mendoan. Disarankan juga untuk menggunakan air hangat agar tepung lebih cepat larut dan tak mudah menggumpal.
  • Saat menggoreng pastikan minyak sudah benar-benar panas ya Sahabat Fimela, gunakan juga api sedang. Setelah itu masukkan tempe mendoan yang sudah dibaluri tepung. Menggoreng tempe ta perlu lama-lama, jika warna tempe sudah berubah, segera angkat dan tiriskan.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih dan Membeli Usus Ayam yang Berkualitas Baik
Artikel Selanjutnya
Tips Membersihkan Usus Ayam Sebelum Diolah dan Dimasak