Sukses

Lifestyle

Enggan Dinasihati karena Tak Ingin Merasa Dihakimi, Pernah Merasa Begitu?

Fimela.com, Jakarta Saat kita sedang ada masalah, orang-orang terdekat kita mungkin akan menghibur bahkan memberi nasihat yang mencoba menguatkan hati kita. Tapi ada satu titik kita merasa tak butuh nasihat. Sebab kadang penyampaian nasihat yang salah membuat kita merasa dihakimi dan makin merasa tak nyaman.

Niat orang terdekat memberi nasihat mungkin baik. Mereka pun punya keinginan untuk bisa meringankan beban masalah kita. Hanya saja saat mereka sudah mulai menggunakan nada menghakimi dalam nasihat yan diberikan, rasanya kita ingin menjauh dan menjaga jarak saja darinya.

Tak Semua Orang Paham dengan Situasi Kita

Meski berat, kita memang perlu memaklumi saja. Misal, saat kita baru mengalami patah hati karena seseorang yang kita sukai berpaling ke lain hati, orang lain mungkin akan memberi nasihat pada kita agar tidak gampang jatuh cinta. Dengan nada yang sedikit menghakimi, ia seakan menyalahkan kita yang terlalu mudah jatuh cinta pada seseorang yang baru dikenal. Tak perlu terlalu dimasukkan ke hati. Maklumi saja sebab tak semua orang paham dengan situasi kita.

Menjaga Jarak dari "Orang-Orang Beracun" Itu Perlu

Yap, kita juga perlu juga untuk menjaga jarak dari orang-orang yang sekiranya "beracun". Bersama orang yang selalu menghakimi dan memojokkan kita saat kita sedang ada masalah hanya akan memperburuk kondisi. Daripada malah sakit hati karena mendapat penghakiman yang tidak menyenangkan, mending alihkan fokus ke hal lain dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jalan keluar terbaik yang ada.

Ambil Sisi Positif dari Nasihat yang Diberikan

Walau ada kesan menghakimi dari nasihat yang diberikan pada kita, kita tetap berusaha untuk mengambil sisi positifnya. Ada pesan positif yang pastinya bisa kita ambil dari sesuatu yang diberikan pada kita. Walaupun sempat kesal dan marah saat dihakimi atau dipojokkan, kita bisa mengambil sisi positif bahwa setidaknya ternyata ada orang yang peduli terhadap kita. Masih ada yang mau "bersusah payah" memberikan sedikit energinya untuk kita.

Tak semua orang tahu dan paham cara memberi nasihat yang baik. Ada orang yang sebenarnya berniat baik membantu kita tapi karena keterbatasannya dalam menyampaikan pesan tersebut, dia malah menggunakan nada bicara yang kurang baik. Tetap tenang dan jaga emosi ya bila ada orang yang malah memperburuk suasana hatimu. Fokuskan saja energimu untuk memperbaiki keadaan dan mengatasi masalah yang ada.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sedihnya bagai Ditusuk Sembilu, Apa Penyebab Kesepian di Tengah Keramaian?
Artikel Selanjutnya
Perempuan, Pendidikan, dan Generasi Penerus yang Cerdas