Sukses

Lifestyle

Penyebab dan Cara Meminimalkan Anak Kecanduan Gadget

Fimela.com, Jakarta Di era serba digital seperti saat ini, membuat pemakain gadget semakin sering digunakan. Bahkan, penggunannya bukan hanya orang dewasa, melainkan anak-anak sudah terpapar oleh gadget.

Contohnya saja, jika anak sulit makan orangtua justru memberikan anaknya gadget, agar anak mau makan. Atau ketika anak rewel, agar praktis orangtua justru memanjakannya dengan gadget. Yang akhirnya membuat anak kecanduaan akan gadget.

Padahal, ketika anak menggunakan gadget berlebihan akan menghambat perkembangan motorik dan sosial anak. Serta, menyebabkan anak malas gerak. Dan parahnya, membuatnya tak bisa lepas dari gawai tersebut.

Penyebab dan solusi anak kecanduan gadget

Konsultan keluarga dan Owner dari Rumah amalia Ciledug ,Agus Syafii mengatakan pemicu anak kecanduan gadget ialah orangtuanya sendiri. Seperti orangtua bermain gawai di depan sang anak atau membiarkan anak bermain gadget seharian penuh tanpa batas waktu.

Bahkan tidak tega bila anak menangis ketika meminta gadget. Seharusnya sebagai orangtua harus memiliki quality time untuk anak-anaknya, seperti menyisihkan waktu beberapa jam untuk menjalanin kehangatan keluarga.

"Harusnya orangtua mengajak anak bermain permainan motorik, seperti larian-larian, menari, atau menggambar. Agar anak tidak terpaku oleh gadget. Jika anak nangis minta gadget biarkan saja, sebab anak akan lelah dengan sendirinya," papar Agus dalam rilis "Merdekakan Hak Anak".

Agus menambahkan, agar anak tidak kecanduan gadget, orangtua harus mengajak anak berdiskusi dan bertukar pikiran. Serta membatasi anak main gadget, sebaiknya arahkan untuk bermain motorik.

"Di rumah Amalia memiliki ruang belajar untuk bertukar pikiran, gagasan, dan kreativitas. Serta mengajak anak-anak membangun keakraban dan terbiasa bertukar pikiran," tambahnya.

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut