Sukses

Lifestyle

Perjalanan Najwa Shihab Sebagai Perempuan yang Membawa Perubahan

Fimela.com, Jakarta Perempuan selalu memiliki cerita yang menginspirasi perempuan lainnya untuk terus melakukan perubahan. Adalah Najwa Shihab, salah satu sosok perempuan yang berhasil memberikan dampak perubahan bagi masyarakat. Memutuskan untuk keluar dari stasiun televisi yang membesarkan namanya selama 17 tahun bukanlah mudah.

Ditemui dalam sebuah acara di bilangan Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (28/3/2019), Najwa Shihab atau akrab yang disapa Nana bercerita bagaimana ia memutuskan terjun bebas dan membangun start up bernama Narasi TV. Ia mengaku bahwa sebenarnya sudah lama ingin menjajal dunia digital. Namun rasa takut yang terus menahannya.

"Ada faktor pendorong, lebih banyak faktor penarik untuk berhenti dari Metro TV. Adanya perubahan mengonsumsi media dengan teknologi yang membuat semua orang kini bisa melakukan apa yang dulunya hanya dilakukan oleh orang tertentu. Informasi ada di mana mana. Cara wartawan bercerita pun harus berubah. Harus menyesuaikan," ujar Najwa Shihab.

Nama Najwa Shihab cukup terkenal melalui tayangan Mata Najwa. Gaya Najwa Shihab mewawancarai para politisi dengan berbagai isu yang diangkat membuatnya disegani. Di samping itu, Najwa Shihab merasa bahwa perubahan yang terjadi di masyarakat bukan hanya sekadar dorongan dari tayangan televisi. Melainkan tayangan tersebut diamplikasikan oleh sedemikian rupa sehingga membuat banyak orang merasakan hal yang sama. Sehingga orang tergerak untuk melakukan perubahan.

 

2 dari 2 halaman

Perempuan Indonesia punya peluang lakukan perubahan

Sebagai seorang perempuan, Najwa Shihab menilai bahwa perempuan di Indonesia memiliki banyak peluang dalam melakukan perubahan. Hanya saja, terjadi kesenjangan yang masih cukup jauh ketika melihat perempuan sukses dan laki-laki sukses. Sehingga tanpa sadar perempuan sering menganggap dirinya rendah secara sistematis.

"Perempuan seringkali menganggap dirinya tidak lebih baik dari laki-laki. Ada rasa keengganan yang sering dilakukan. Hal ini wajah karena kesuksesan berkorelasi positif pada laki laki dan berkorelasi negatif pada perempuan," cerita Najwa Shihab.

Di masyarakat sendiri terjadi perbedaan persepi perempuan sukses dan laki-laki sukses. Ada anggapan perempuan yang ingin melakukan sesuatu lebih justru dinilai karena ada maunya. Hal ini membuat perempuan merasa malu-malu.

Untuk bisa mengubah persepsi ini di masyarakat, Nana menyebutkan bahwa kuncinya adalah pada mindset. Mindset bagaimana menyakinkan diri sendiri ketika terbentur sesuatu. Berani mengambil risiko dan tidak takut mencoba hal baru. Ini menjadi mindset yang perlu dilatih sejak dini untuk mengejar impian.

Loading
Artikel Selanjutnya
Olahraga dapat Meningkatkan Mood Perempuan Selama Perubahan Hormon
Artikel Selanjutnya
Semakin Tua Kita Semakin Serius Menghadapi Hidup, Ada yang Senasib?