Sukses

Lifestyle

Agar Ikan Air Tawar Tak Bau Tanah, Ini Tips Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Satu hal yang bikin malas saat mengolah ikan air tawar adalah bau tanah. Rasanya ikan jadi kurang sedap karena ada bau tanah yang menempel. No need to worry, dengan tips ini tak akan ada lagi bau tanah yang masih menempel pada ikan air tawar masakanmu.

  • Yang pertama adalah bersihkan insang dan sisik ikan sampai bersih dan tak tersisa. Buang juga isi perut dan jeroan ikan.
  • Langkah selanjutnya cuci bersih ikan di bawah air mengalir untuk membuang semua kotoran yang tersisa, termasuk lumpur yang mungkin masih tertinggal di dalam tubuh ikan. Lumpur ini yang kemungkinan menyebabkan bau tanah.
  • Lumuri garam kasar pada tubuh ikan dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Pastikan juga semua sisi ikan dilumuri dengan garam. Setelah itu bilas dengan mencuci ikan dengan air mengalir sampai bersih. Garam akan mengikat bau tanah pada ikan.
  • Sahabat Fimela juga bisa merendam ikan dengan air jeruk nipis atau larutan cuka yang sudah dicampur air. Sebelum merendam, sayat-sayat tubuh ikan dan rendam selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir sampai bau cuka dan jeruk nipis hilang.
  • Masak ikan dengan rempah-rempah. Ini akan menghilangkan bau tanah secara total setelah proses-proses di atas.

Semoga tips ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela. Selamat memasak.

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Ikan Mas Goreng Bumbu Bawang Ketumbar
Artikel Selanjutnya
10 Bumbu Masakan yang Bermanfaat Mengurangi Bau Amis Ikan